res

Kalurahan Planjan Dirikan Gapuro Keistimewaan - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Unjuk Rasa Guru Honorer MI-MTs di Depan Kantor Kemenag Dompu

08 November 2021

Kalurahan Planjan Dirikan Gapuro Keistimewaan

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Planjan kapanewon Saptosari kabupaten Gunungkidul  sudah mendirikan Gapuro Tanda Keistimewaan DIY, bangunan ini selesai digarap pada bulan September 2021.

Demikian diakui oleh Budi Setiyanto carik Planjan didampingi Sukardiyono kasi pelayanan umum kalurahan Planjan saat ditemui Sabar Pers Cakrawala Online Perwakilan DIY untuk Gunungkidul pada Jumat Legi 17-09-2021 di Pendapa Kalurahan Planjan Saptosari.

Dikatakan, Logo atau Gapura Keistimewaan atau Tanda Keistimewaan itu digarap menghabiskan dana dari Propinsi DIY sebesar terbilang angka sebesar Rp 62.790.500,-. Terbilang dengan huruf Enampuluh duajuta tujuhratus sembilanpuluh limaratus rupiah.

Dana sebesar itu merupakan hibah dari propinsi berkait dengan Keistimewaan DIY. Anggaran dari propinsi untuk gapura itu jumlah di tiap kalurahan besarnya sama. Dikucurkan ke tiap kalurahan di Gunungkidul yang membangun Gapuro Tanda Keistimewaan DIY dalam tahap pertama selesai digarap September - Oktober 2021.

Disampaikan, di wilayah pemerintahan kabupaten Gunungkidul sampai Oktober  2021 yang sudah selesai memasang Simbul Keistimewaan DIY sebanyak 28 kalurahan. Jumlah itu bagian dari sebanyak 144 kalurahan yang tercakup di 18 kapanewon.

Tanda Keistimewaan DIY untuk kalurahan Planjan dipasang didepan balai kalurahan. Berada ditepi Barat menghadap ke Timur di jalan besar atau JJLS Kapanewon Saptosari menuju kapanewon Tanjungsari dan mengarah ke pantai Baron dan sekitarnya.

Setelah depan balai kalurahan Planjan dipasang Gapuro Tanda Keistimewaan DIY pada tahap pertama itu menambah pemandangan semakin gagah dan mengingatkan bahwa Planjan merupakan bagian DIY yang istimewa.

Kalurahan Planjan yang berorientasi jadi desa mandiri merupakan bagian dari 144 kalurahan di kabupaten Gunungkidul DIY. Tentunya, Lurah, carik dan semua lembaga kalurahan Planjan, termasuk segenap pamong, serta tokoh maupun masyarakat berterima kasih kepada pemerintahan DIY.

Dengan dibangunnya Gapuro Tanda Keistimewaan DIY, pihak lurah, carik dan pamong serta komponen yang ada di kalurahan maupun di kapanewon dan kabupaten mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar turut peduli dan merawat Gapuro Tanda Istimewa DIY.

“Setelah Gapuro Tanda Istimewa dibangun dengan baik, kami mengajak kepada semua komponen ikut merawatnya,” pesan lurah, carik dan pamong kalurahan Planjan Saptosari. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar