res

TINGKATKAN SUMBER DAYA DAN TEKNOLOGI BIDANG PERPUSTAKAAN, STAI YOGYAKARTA TEKEN KERJASAMA DENGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI - Cakrawala Online

Breaking

27 Januari 2022

TINGKATKAN SUMBER DAYA DAN TEKNOLOGI BIDANG PERPUSTAKAAN, STAI YOGYAKARTA TEKEN KERJASAMA DENGAN PERPUSTAKAAN NASIONAL RI



(Wonosari, 25/01) – Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAI Yogyakarta) melakukan Kerjasama Perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 25 Januari 2022 di Wonosari Gunungkidul. Nota Kesepahaman tertuang dalam dokumen No. 016/STAIYO/I/2022 dan No. 23/PKS/I.2022 yang ditandatangani langsung oleh Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAI Yogyakarta dan Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. selaku Kepala Perpustakaan Nasional RI.



Kerjasama perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan STAI Yogyakarta dan Perpustakaan Nasional RI dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan. Cakupan kerjasama meliputi yaitu  pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, pengembangan Sumber Daya Manusia dan Teknologi di Bidang Perpustakaan, dan kegiatan lain dalam lingkup perpustakaan.


Usai penandatanganan Nota Kesepahaman langsung ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama No. 017/STAIYO/I/2022 dan No. 24/PKS/I.2022 tentang Pengembangan, Pembinaan Perpustakaan dan Pendataan Perpustakaan yang ditandatangani oleh Tri Mumi Heningsih, S.Pd.I., MSI selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan STAI Yogyakarta dan Drs. Nurcahyono, SS. M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI.



Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd yang didampingi Pembantu Ketua II Suharto, S.Ag., MM dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan STAI Yogyakarta Tri Mumi Heningsih, S.Pd.I.,MSI, menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang telah memfasilitasi kegiatan penandatanganan kerjasama ini. Dengan kerjasama ini, STAI Yogyakarta kedepan berhak mendapatkan informasi terkait kegiatan di ruang lingkup kerja sama dan berhak mendapatkan bantuan pengembangan dan pembinaan perpusatakaan dari Perpustakaan Nasional RI. Serta dengan kerjasama ini, STAI Yogyakarta berkomitmen untuk memberikan fasilitas pelaksanaan kegiatan sesuai kesepakatan bersama, melakukan laporan pendayagunaan koleksi perpustakaan, membuat laporan monitoring dan evaluasi, memberikan data profil UPT Perpustakaan STAI Yogyakarta sesuai dengan kebutuhan informasi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi.


Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. sebagai Kepala Perpustakaan Nasional RI, menyampaikan terima kasih atas sambutan dan pelayanan dari Bupati Gunungkidul, seluruh aparat di Pemerintahan Gunungkidul dan Perpustakaan Daerah Gunungkidul. Rasa bangga juga disampaikan atas kemajuan Unit Perpustakaan di lembaga pendidikan Sekolah / Madrasah di seluruh Gunungkidul, khususnya Unit Perpustakaan STAI Yogyakarta sebagai satu-satu Perguruan Tinggi Keislaman di Kabupaten Gunungkidul.



Sementara Drs. Nurcahyono, SS. M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, menyampaikan dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, langsung  ditindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan STAI Yogyakarta.  Dengan Perjanjian Kerjasama ini, Perpustakaan Nasional RI berhak mendapatkan faslitas pelaksanaan kegiatan perpustakaan di STAI Yogyakarta, mendapatkan laporan pendayagunaan koleksi perpustakaan, mendapatkan laporan monitoring dan evaluasi, dan mendapatkan data profil UPT Perpustakaan STAI Yogyakarta yang sesuai dengan kebutuhan informasi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Juga dengan Perjanjian Kerjasama ini, Perpustakaan Nasional RI sebagai Lembaga Pemerintah RI yang melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan, berkomitmen untuk memberikan informasi terkait kegiatan di ruang lingkup kerja sama, memberikan bantuan pengembangan dan pembinaan perpustakaan kepada STAI Yogyakarta, dan melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan perpustakaan di STAI Yogyakarta.


Terpisah, Ali Ridlo, SH., SHI., MEI selaku Kepala Laboratarium dan Perpustakaan STAI Yogyakarta yang sedang melaksanakan tugas lain, menyampaikan selamat atas kelancaran penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama ini. Kedepan STAI Yogyakarta memang butuh selalu pembinaan di bidang perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI, agar Profil UPT Perpustakaan STAI Yogyakarta bisa sesuai kebutuhan informasi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Perpustakaan STAI Yogyakarta harus mampu menjadi rujukan literasi manual maupun literasi digital, dalam rangka mensupport proses perkuliahan dan kegiatan riset. Pengkayaan buku dan data perpustakaan yang menjamin keilmuan dan program studi Pendidikan / Tarbiyah yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI); keilmuan dan program studi Hukum / Syariah yaitu Hukum Keluarga Islam (HKI) atau Ahwal Syakhsiyyah (AS); dan keilmuan dan program studi Ekonomi / Bisnis Syariah yaitu Ekonomi Syariah (ES). (HRT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar