res

Diskominfo Taput Diujung Bui, Dugaaan Korupsi Pengadaan Jasa Internet 2,9 M Disidik Kejari - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

23 Februari 2022

Diskominfo Taput Diujung Bui, Dugaaan Korupsi Pengadaan Jasa Internet 2,9 M Disidik Kejari



Taput- Cakrawalaonline, Kejari sidik dugaaan korupsi  di Dinas Kominfo kabupaten Tapanuli Utara, tentang pengadaan jasa internet  yang berbiaya Rp2,9 M kepada rekan rekan wartawan saat temu Pers dikantor Kejaksaan  Negeri Kabupaten Tapanuli Utara Rabu, 23 Februari 2022.


Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara, Much Suroyo didampingi Kepala Seksi Pidana Khusus Juleser Simaremare, dan Kepala Seksi Intelijen Mangasi Simanjuntak mengungkapkan, pihaknya meningkatkan status penyelidikan ke tingkat penyidikan dugaan korupsi pengadaan "internet sevice provider" atau penyelenggara jasa internet berbiaya Rp.2,9 miliar di 2019.


"Kita mengambil kesimpulan untuk ditingkatkan ke penyidikan demi mencari fakta-fakta dan mengungkap pelaku atau tersangka yang kemudian akan dinaikkan ke tingkat penuntutan," terang Much Suroyo dalam keterangan resminya.


Dikatakan, pada 2019 terdapat alokasi anggaran pengadaan "internet service provider" senilai Rp.2.904.500.000, yang dikerjakan PT Icon+ dan PT Telemedia Network Cakrawala.



"Pelaksanaannya yang dilakukan dengan metode 'epurchasing' ditengarai menimbulkan  kerugian negara. Kalau gambaran kasar kerugian negara sekitar Rp.600 juta lebih," jelasnya.


Kasipidsus Juleser lebih teknis menguraikan bahwa pada tahap penyelidikan pihaknya menemukan sejumlah kejanggalan dalam pelaksanaan pengadaan.


Dimana, dalam jangka waktu April-Desember 2019, realisasi yang terbayar adalah Rp.2.615.985.722, dengan 63 titik terpasang sesuai dengan Surat perintah kerja (SPK).


Sementara, sesuai dengan surat pesanan Dinas Kominfo dan pihak penyedia jasa ISP, pekerjaan dilaksanakan sejak 1 April 2019-31 Desember 2019.


"Akan tetapi sesuai bukti yang telah dikumpulkan melalui permintaan keterangan, 'invoice' dan dokumen lainnya, menunjukkan bahwa kegiatan pengadaan ISP telah dilaksanakan sejak 2018, dan dibuat seolah dilaksanakan pada 2019 sehingga bertentangan dengan pasal 25 Perpres nomor 16/2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah serta peraturan Kepala LKPP nomor 9/2018 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui penyedia," jelasnya.


Berita acara aktivasi yang dibuat serta berita acara pemeriksaan hasil pekerjaan yang ditanda tangani penyedia dari PT Icon dan panitia penerima hasil pekerjaan, semuanya dilaksanakan dalam satu hari, yakni pada 15 April 2019, sedangkan lokasi pemasangannya berbeda-beda dengan jarak yang jauh.


"Dokumen SPK dan kontrak yang dipegang oleh PT Icon dengan Dinas Kominfo berbeda-beda, sehingga diperkirakan , dokumen dan kontrak hanya formalitas semata," sebut Juleser.


Bahkan, menurut jaksa, PT TNC belum menyajikan laporan perubahan pengembangan wilayah layanan dan persetujuan dari Dirjen penyelenggaraan pos dan informatika Kemenkominfo nomor 368 tahun 2013, dan tidak menyebutkan bahwa Kabupaten Taput menjadi salah satu wilayah pengembangan.


"Sejauh ini sudah lebih dari 5 orang saksi yang telah dimintai keterangan. Dan ternyata perbuatan ini sudah terjadi sejak 2018 sampai 2021. Makanya kita kembangkan ke penyidikan umum," tukas Juleser' sambil menutup pembicaraanya. Ps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar