res

KEGIATAN SOSIALISASI PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI DESA WISATA DI DESA TAMAN BARU SEKOTONG - Cakrawala Online

Breaking

08 Februari 2022

KEGIATAN SOSIALISASI PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT MELALUI OPTIMALISASI DESA WISATA DI DESA TAMAN BARU SEKOTONG



NTB-Cakrawalaonline, Kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram merupakan salah satu kegiatan sadar wisata untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui optimalisasi suatu objek wisata yang berada di desa taman baru sekotong. 

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibuka oleh Kepala desa Taman Baru (H. Padilah) dan dihadiri sebanyak 30 orang peserta yang diantaranya Pihak Desa, Babinsa, Bhabinkamtibnas, Karang Taruna Desa Taman Baru  bersama kelompok KKN-Tematik Universitas Mataram Desa Taman Baru. Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh saudari Wardatul Aeni dari Fakultas Teknologi Pangan dan AgroIndustri Universitas Mataram serta pembacaan Tilawatil Qur’an oleh saudari Putri Grasia dari Fakultas Peternakan Universitas Mataram.

Pada sosialisasi yang dilaksanakan Senin, 10 Januari 2022 mahasiswa KKN-Tematik Universitas Mataram yaitu dalam sesi penyampaian materi yang disampaikan langsungM oleh bapak M. Haryadi Wahyudin, SE selaku Fungsional Perencana Ahli Muda Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Beliau menyampaikan bahwa untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat perlu kesadaran pembangunan daya tarik wisata yang harus diperhatikan dan melibatkan masyarakat terutama karang taruna dan remaja kreatif desa agar tercipta kondisi yang kondusif serta harus memiliki peran strategis yang dapat mendorong peningkatan pendapatan, membuka lapangan kerja, menjadi sumber pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang, dan inklusif. Dengan adanya sosialisasi, maka masyarakat akan dapat mengerti dan dengan kesadarannya akan dapat berpartisipasi secara aktif bersama Pemerintah Daerah dalam menata, mengelola, dan membangun destinasi pariwisata yang berdaya saing.

Tujuan kegiatan sosialisasi yang disampaikan oleh ketua KKN-Tematik Universitas Mataram saudara M. Ziyad Al Kautsar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram adalah untuk memberikan pemahaman mengenai suatu konsep sadar wisata  serta pengoptimalisasi bagi masyarakat untuk dapat mendorong peran aktif segenap masyarakat dalam mendukung upaya terwujudnya sadar wisata serta untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Kegiatan sosialisasi sosialisasi peningkatan taraf hidup masyarakat melalui optimalisasi desa wisata di Desa Taman Baru ini dirangkaikan dengan sesi Tanya jawab. Telihat antusias peserta karang taruna dan pihak desa dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait pengembangan pariwisata dan lingkungan

Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan, bahwa sosialisasi peningkatan taraf hidup masyarakat melalui optimalisasi desa wisata di Desa Taman Baru, diharapkan masyarakat menjadi semakin bertanggung jawab dan berperan aktif dalam membantu keberhasilan pariwisata dan lingkungan. Serta perlu adanya keterlibatan  ataupun kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah. Dinas Pariwisata Provinsi NTB sebagai instansi memandang perlu untuk menindak lanjuti kegiatan ini dan merekomendasikan kepada Pemerintah Desa Taman Baru.

Pada acara penutupan kegiatan sosialisasi peningkatan taraf hidup masyarakat melalui optimalisasi desa wisata di Desa Taman Baru dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis plakat yang diwakili oleh ketua kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Taman Baru Periode 2021-2022 M. Ziyad Al Kautsar kepada Pihak Dinas Pariwisata Provinsi NTB (Putri,Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar