res

Bupati Grobogan Di Hari Jadi ke 296: Kerja Keras dan Semangat Tinggi Hingga Berhasil Laksanakan Pembangunan - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

04 Maret 2022

Bupati Grobogan Di Hari Jadi ke 296: Kerja Keras dan Semangat Tinggi Hingga Berhasil Laksanakan Pembangunan



Grobogan-Cakrawalaonline, Bupati Grobogan Sri Sumarni, menjadi inspektur upacara di Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke-296, bertempat di halaman kantor Setda Grobogan. Upacara ini juga diikuti secara daring oleh dinas atau masing-masing OPD. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur dan untuk mengingat sejarah.


Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, Pemkab Grobogan atas kerja keras dan semangat tinggi, selama ini, telah berhasil melakukan pembangunan. Infrastruktur di segala bidang, pelayanan publik, investasi terus berkembang, lapangan kerja semakin terbuka.


Dampak pandemi covid-19, pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi, bahkan angka kemiskinan mengalami kenaikan. Maka menurutnya sudah tepat, jika prioritas pembangunan Kabupaten Grobogan tahun 2022 ini adalah, mengarah pada upaya peningkatan dan pemulihan perekonomian sebagai dampak pandemi. “Momen hari jadi ini, sekaligus sebagai tonggak untuk memperkuat,” ujar Sri Sumarni. Jumat (4/3).


Disampaikan, dominasi sektor pertanian menjadi modal besar bagi kita, dengan produksi padi jagung dan kedelai beserta hortikultura lainya, tetap menjadikan daerah sebagai penyangga pangan nasional.




Berbagai prestasi juga telah diraih selama ini. 6 kali WTP atas laporan keuangan daerah, penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM 7 kali berturut turut, Top 45 KIPP dari beberapa inovasi dalam beberapa tahun ini.


Penghargaan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan Sistem Kinerja Sangat Tinggi, dan berbagai prestasi tingkat provinsi dan nasional lainya. Mari kita pertahankan dan terus ditingkatkan, untuk kesejahteraan masyarakat.


“Hal ini sejalan dengan tema hari jadi tahun 2022 ini, yaitu Mewujudkan Kabupaten Grobogan yang lebih sejahtera, berdaya saing, beriman dan berbudaya”.


Peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan yang ke-296 dilakukan sangat sederhana, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Seperti pelaksanaan acara Boyong Grobogan, Kamis (3/2).


Dimana, pada tahun sebelumnya Grobog dari Kantor Kelurahan/ Kecamatan Grobogan diboyong ke Pendopo Kabupaten Grobogan, atau wilayah di Kecamatan Purwodadi, dengan iring-iringan pejabat dan di saksikan warga sekitar. Sementara, pada tahun ini yang boyong grobog dilakukan sangat sederhana.


Pemberangkatan rombongan dari kelurahan Grobogan menuju Pendopo Kabupaten Grobogan beberapa mobil saja. Grobog yang berisi pusaka dibawa menggunakan mobil tertutup. Setelah sampai di Pendopo Kabupaten Grobogan, grobog tersebut disambut dengan acara selamatan.


Prosesi acara, Bupati Grobogan Sri Sumarni, menyerahkan grobog dan pusaka kepada Sekda Grobogan, kemudian asisten untuk disimpan.


Selanjutnya seusai acara acara tersebut dilakukan doa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Grobogan. Acara Boyong Grobog merupakan tradisi/budaya kabupaten setempat, yang dilakukan setiap tahunnya. Ng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar