res

Kades Karama Bura: Rencananya Pompa Hidram Akan di Resmikan Oleh KOREM - Cakrawala Online

Breaking

30 Agustus 2022

Kades Karama Bura: Rencananya Pompa Hidram Akan di Resmikan Oleh KOREM

 


Dompu NTB, cakrawala online ! Desa Karama Bura Kecamatan Dompu memiliki lahan  pertanian sekitar 1525 hektar lebih, terdiri dari lahan pertanian , perkebunan( tegalan),  dan HKM.

   Adapun lahan air(sawah) sekitar 25 ha, lahan HKM, 1000 ha.  Sementara potensi lahan yang dapat di manfaatkan dengan pompa Hidram sekitar  40-50 ha .

    Pompa Hidram bantuan pangdam Udayana yang berlokasi di Desa  Karama Bura Kecamatan Dompu , kades  Aswan kepada wartawan mengatakan akan diresmikan oleh  KOREM pada tanggl 1 September 2022, ungkap Aswan di kediamanya Karama Bura ujung Utara Kota Dompu.

    Bagaimana cara bentuk pengelolaan lahan warga yang dampak kerisis air? Kades Aswan menjelaskan  kepada wartawan bahwa masyarakat petani telah membentuk kelompok berdasarkan inisiatif sendiri sekitar THN 1999, di era kepemimpinan camat H.Nurdin SH, sekitar 1500 ha, agar bisa mendapat kontribusi dari pemerintah ujarnya.

   Sebagaian lahan HKM? Kades " menuturkan warga dalam bentuk kelompok kerja tujuan untuk menghijaukan  kembali lahan produktif selama 25 tahun hak pake masyarakat tandasnya.

    Sejak kapan di bentuk kelompok kerja warga ? Kades Karama Bura Aswan, mengatakan ada pembentukan sendiri sejak 1999,  melalui kelompok HKM 2012, 2014, adapun nama kelompok, madak jala, foo mbolo, ncai Ama Novi, teka Luhu dan kelompok majejak jelas kades . Dalam waktu 3 bulan kedepan  kelompok kawasan Hkm mendapat kontribusi pembibitan dari KPH Soro mandi , dalam bentuk kerjasama dengan KPH Soromandi bebernya.(zun)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar