res

Lomba Perahu Ketinting Budaya Nelayan Teluk Cempi - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kasus Dugaan Kopursi Anggaran APBD,Yuda: DPRD Gagal Paham!

15 Agustus 2022

Lomba Perahu Ketinting Budaya Nelayan Teluk Cempi

 


NTB-Cakrawalaonline Lomba perahu adalah sebuah budaya yang lahir sejak tahun 80 an bagi nelayan yang bermukim di sekitar kawasan wisata teluk cempi P.sumbawa bagian selatan.

Momen yang sangat menarik sekelumit catatan sejarah dan budaya nelayan teluk cempi, diawali dengan perahu di buat dari balok kayu Rajuman alias duabanga kemudian turun laut ikut lomba seperangkat kain untuk layar di tancap pada tiang tengah perahu, semakin kencang angin semakin cepat laju kecepatan untuk meraih kemenangan.

   Sementara perubahan zaman berubah pula kegiatan lomba perahu ketinting. Seperti yang di tayangkan wartawan cakrawala dilokasi destinasi wisata " Wadu Jao "teluk cempi P.sumbawa .

    Kegiatan  lomba perahu ketinting yang di buka oleh kades Mbawi, Minggu 14/8/22, merupakan agenda tahunan untuk kegiatan para nelayan .

   Ketua panitia lomba perahu ketinting syuriadin kepada media cakrawala merdeka TV , mengabarkan , adapun kegiatan lomba dilaksanakan setiap tahun dikarenakan sudah masuk kalender tahunan dalam rangka meriahkan HUTRI ke 77 ungkap Syuridin .

    Dari awal proses kegiatan Syuriadin memulai dengan rapat  tehnical meeting, selain membicarakan tehnis lomba, juga membahas situasi,kondisi kemanan yang saat ini dalam keadaan tertib aman, dan  lancar tandas Syuriadin .

    Ketua panitia menuturkan momen ini sangat digemari masyarakat nelayan untuk mengikuti lomba, yang diikuti sejumlah 27 peserta, kegiatan tersebut dilaksankan selama 4 hari mulai 14_ hingga 17  dan 18 Agustus 2022 mendatang.

   Trayek dan rute laut selalu berubah pada tahun lalu, star di "Batu putih" finisnya di  "batu bangau" tahun 2022, startnya di Batu bara, finisnya di wadu Jao ungkap Syuriadin . Kegiatan yang menarik wisatawan bisa menghadirkan pengunjung 500 san sampai 1000 orang. Pada finalis nanti menurut rencana ketua panitia Syuriadin dan anggota akan mengundang Bupati Dompu H.Kader  Jaelani untuk menutup kegiatan lomba tandas  Ayuriadin. Dari Dompu NTB Zunari cakrawala merdeka TV mengabarkan ( zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar