res

SD Negeri 2 Dompu Menciptakan Sekolah Adiwiyata - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Sekolah di Bima Dan Kota Bima Terapkan Muatan Lokal Sejarah

16 September 2022

SD Negeri 2 Dompu Menciptakan Sekolah Adiwiyata

 


Dompu NTB,cakrawala online-SDN 2 Dompu secara geografis berada dilingkungan kota Dompu, siswanya calon-calon putra Daerah kedepan , dalam hal ini anak anak dapat di dukung oleh beberapa lembaga yang terkait dan diberikan kepercayaan untuk menilai calon sekolah " Adiwiyata ".

SDN 2 Dompu, menciptakan sekolah yang aman, nyaman, ramah lingkungan sehingga siswa dapat menyenangkan. Kepala SDN 2 Dompu Haryono S,Pd kepada wartawan menuturkan sekolah  ini dalam rangka  menciptakan sekolah yang bersih dapat bermitra dengan Dinas kebersihan dan lingkungan, Kementerian Agama , dinas kesehatan, dan kemendikbud katanya. SDN 2 Dompu menanam karakter, menciptakan sebuah edukasi yang di sebut 3 E, : edukasi, ekonogi, dan Ekonomi ! 

Edukasi : yakni Menuju sekolah yang berbasis lingkungan kebiasaan karakter skill 

Ekonologi :menata lingkungan sekolah yang bersih ,indah, aman , nyaman dan menyenagkan. 

Ekonomi : sekolah bisa menciptakan warga sekolah yang merujuk pada peningkatana ekonomi kreatif, membuka kolaborasi dengan dunia usaha, seperti bank Sampah, dll, dengan menggunakan dan memfaatkan barang barang bekas, seperti botol air minum untuk di jual .

Selain itu melaksanakan sekolah Adiwiyata, daya dukung warga bisa di ajak kerjasama, menata sekolah yang rapi, membuat program kebudayaan sekolah, kewirausahaan, sekolah kami telah  melakukan klasifikasi siswa, atau Kelompok siswa dalam skill yang di lakukan , ada yang membuat kue, ada yang menghafal alqur'an, ada yang membuat kerajinan dll tutur Haryono Kasek SDN 2 Dompu.

Haryono menjelaskan tentang sekolah Adiwiyata kami telah mengikuti lomba calon sekolah Adiwiyata,telah dilakukan oleh tim penilai dari berbagai stakeholder, tutur Haryono, baru saja kemaren  berkunjung di SDN 2 Dompu guna melakukan evaluasi sekaligus menilai tentang pengelolaan program sekolah Adiwiyata.

Adapun  tim penilai yakni berasal dari Dinas Kesehatan, Dikpora, Kementerian Agama dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu berkunjung dan melihat apa saja yang sudah kami dilakukan dalam sekolah Adiwiyata ini," tutur Yono.

"Alhamdulilah, kehadiran tim tadi sudah memberikan apresiasi yang luar biasa kepada kami," sambung  Pak Yono Akrabnya.

Dengan melatarbelakang Prinsip dasar sekolah Adiwiyata, Haryono menambahkan, adalah bagaimana mendorong dan mengajak mereka mengedukasi kepada warga sekolah tentang kepedulian terhadap lingkungan serta menerapkan pola hidup yang sehat.

SD Negeri 2 Dompu juga sudah memaksimalkan pengelolaan barang-barang bekas seperti botol plastik dan sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual serta bisa mengurangi limbah yang ada di luar.

Sejauh mana dukungan dan kolaborasi dengan Dinas kebersihan dan  lingkungan hidup, Kadis DLH, Jufri ST, saat dikonfirmasi wartawan sejauh mana dukungan, Jufri ST apresiasi kepada pihak sekolah yang peduli lingkungan, melalui dinas kebersihan dan lingkungan hidup , memberikan arahan dan bantuan bak bak sampah dan titik titik tempat yang rapih dan hasil  penilaian akan di umumkan dan di keluarkan hasil bekerja sama tim, sesuai sekolah sekolah yang di tunjuk untuk menjadi sekolah Adiwiyata (zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar