res

Bupati Tapanuli Utara Hadiri Pembukaan Sinode Godang HKBP ke-66 di Seminarium Sipoholon - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

26 Oktober 2022

Bupati Tapanuli Utara Hadiri Pembukaan Sinode Godang HKBP ke-66 di Seminarium Sipoholon





Cakrawala Online-Bupati Tapanuli Utara didampingi Forkopimda dan Pimpinan OPD Tapanuli Utara, menghadiri acara Sinode Godang HKBP ke-66 yang bertema  "Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus" Galatian6:2, bertempat di Auditorium Seminarium Sipoholon, Selasa (25/10/2022) . Turut hadir  Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, M. SC dan Bupati Samosir  Vandiko T. Gultom, ST  Danrem 023/ KS Kolonel Inf Dody Triwinarto dan para Petinggi HKBP. 



Sinode Godang HKBP ke-66 ini dilaksanakan pada hari Senin s/d Kamis, 24 s/d 27 Oktober 2022. 


Dalam kesempatan tersebut Bupati Nikson Nababan bersama Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, M. SC dan Bupati Samosir  Vandiko T. Gultom, ST memberikan kata sambutan. 



"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami para Bupati dan Wakil Bupati yang hadir, dan mungkin karena sebagai tuan rumah, kali ini kesempatan saya yang memberi kata sambutan.


Kita bersyukur kepada Tuhan, Sinode Godang yang ke 66 bisa berlangsung hari ini. Kita sangat apresiasi dan sekaligus berharap sekali Ompui Ephorus agar kiranya apapun hasil Sinode bisa menghasilkan keputusan yang terbaik buat pelayanan gereja HKBP di Indonesia dan dunia, bisa melahirkan inovasi-inovasi, kreativitas sehingga bisa menjadi mitra Pemerintah baik pusat sampai daerah." ujar Bupati Nikson mengawali. 



"Masalah yang kami para Bupati hadapi saat ini khususnya di Kabupten Tapanuli Utara adalah masalah stunting. Kami berharap masalah percepatan stunting bisa dituntaskan, kita butuh kerjasama dengan HKBP agar kiranya minimal semua jemaat atau pendeta dan seluruh pelayan gereja ikut andil sebagai bapak angkat untuk warga kita yang terdampak stunting.



Kita juga berharap gereja bisa membantu kami dalam hal krisis pangan, ikut mendukung dengan bekerjasama mengolah lahan tidur yang ada dilingkungan kita masing-masing menjadi lahan produktif. Soal bibit dan sebagainya  kita bisa koordinasi dengan seluruh jajaran, agar kiranya minimal Kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba tidak terjadi kelaparan. 


Dan juga butuh bantuan bagaimana kita bekerjasama meningkatkan UMKM kita sehingga bisa menjadi hilirisasi dan diproduksi, dipackaging dengan baik hingga bisa dikonsumsi oleh masyarakat kota." tambah Bupati Nikson. 




"Dalam kesempatan ini, saya pribadi sebagai jemaat HKBP mohon doa agar kami para kepala daerah bisa diberikan hikmat dari Tuhan dalam menjalankan tugas-tugas kami dengan baik. Untuk mendukung kegiatan ini Pemkab Taput akan memberikan dana sumbangan sebesar 50 juta rupiah. Selamat ber Sinode Godang ke-66." ujar Bupati Nikson mengakhiri. 


Dalam kesempatan itu Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar memberikan bimbingan dan arahan. 



"Saudara-saudara sekalian, Sinode Godang kali ini akan menjadi Sinode Godang yang sangat menentukan masa depan HKBP, di mana kita akan membicarakan serta memutuskan beberapa hal krusial seperti  sentralisasi keuangan, Amandemen Aturan & Peraturan, khususnya tentang pemilihan pimpinan dan kepesertaan sinode, serta sikap HKBP terhadap isu-isu dunia.


Ya, HKBP tentu saja tidak hanya memikirkan apa yang baik bagi dirinya, melainkan juga memikirkan apa yang baik bagi dunia. " tutur Pdt. Dr. Robinson Butarbutar


"Dunia kita sedang dan akan menghadapi persoalan berat, yaitu krisis iklim. Bencana-bencana iklim sudah dan akan terus terjadi, dan semua itu sangat berhubungan dengan gaya hidup manusia yang tidak ramah terhadap bumi. Generasi kita sudah terlalu eksploitatif dan konsumtif terhadap sumber daya alam. Sebagai gereja, HKBP harus ikut ambil bagian dalam mengkampanyekan perubahan gaya hidup supaya bumi tetap menjadi rumah yang layak tinggal untuk kita dan generasi di masa depan." Ungkap Pdt. Dr. Robinson Butarbutar




"Saudara-saudara terkasih, sekali lagi, saya sebagai Ephorus HKBP menyambut kedatangan kita semua. Selamat bersinode! Mari berlomba-lomba memberikan gagasan konstruktif agar kita dapat menghasilkan keputusan terbaik di sinode ini demi kemuliaan Allah dan damai sejahtera bagi kita semua." tutup Pdt. Dr. Robinson Butarbutar. 


Panitia Sinode Godang ke-66 ini diketuai oleh Sekjen HKBP Pdt. Dr. Victor Tinambunan, MST. Dihadiri kurang lebih 1100 peserta diantaranya utusan dari seluruh distrik HKBP di Indonesia (Pendeta, Sintua, diakones dan jemaat). P Simanungkalit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar