res

Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Panen Karya Inovasi dan Launching Program Tahfidz, Olahraga dan Kewirausahaan - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siklus Sejarah Terbentuknya Kecamatan Manggelewa

21 Oktober 2022

Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Panen Karya Inovasi dan Launching Program Tahfidz, Olahraga dan Kewirausahaan



Temanggung -Cakrawalaonline, Kegiatan Pembelajaran tema 1 Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 1 Temanggung dilaksanakan secara sistim blok selama 3 minggu dan dilakukan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kamis 20 Oktober 2022.


Pembelajaran pada P5 dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2022 sampai dengan tanggal 22 Oktober 2022 dimana tanggal 21 Oktober 2022 adalah kegiatan Refleksi sedangkan tanggal 22 adalah penutupan kegiatan.






Kurikulum Merdeka yang digelorakan Kemendikbudristek Republik Indonesia, memacu sekolah SMA Muhammadiyah 1 Temanggung untuk membangun karakter siswa sesuai Profil Pelajaran Pancasila melalui berbagai inovasi karya siswa dalam Kurikulum Merdeka.

Koordinator Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Santi Fira Novia mengatakan, kegiatan Pembelajaran ini bertema “BANGUNLAH JIWA RAGANYA Sub Tema Mencetak Generasi Muda dengan Budaya Hidup Sehat “DADU SEHAT” .

” Ini adalah tema 1 dari 7 tema P5 yang telah ditentukan. Dimensi yang ditekankan adalah Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlaq mulia, Bergotong royong dan bernalar kritis”, tandas Fira.









Dijelaskan lanjut, alur yang digunakan adalah Tahap Temukan yaitu Membangun kesadaran dan keterampilan peserta didik terhadap pengetahuan tentang Bangunlah Jiwa Raganya.

Sedangkan padaTahap Lakukan adalah Mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui bentuk aksi.

Pada Tahap Bagikan yaitu Melengkapi proses dengan pertunjukan serta melakukan evaluasi dan refleksi.


Tujuan kegiatan P5 untuk peserta didik adalah melaksanakan program dari pemerintah, juga menggali informasi, menumbuhkan kreativitas, menggali potensi-potensi peserta didik guna membuktikan secara bebas, merdeka serta mengaktualisasikan dan juga mengimplementasikan sampai dengan sebuah karya sesuai dengan penerapan P5.


Tujuan berikutnya mendapatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu, untuk dapat mengamati dan memikirkan solusi terhadap sebuah permasalahan di lingkungan sekitar.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Eny Nur Rofi’ah melalui puisi puisi nya menyampaikan, sangat berbangga atas kreativitas dan inovasi yang dilakukan para siswa.

“Dengan mengikuti kegiatan P5 ini, sesuai dengan tema “BANGUNLAH JIWA RAGANYA dengan alur tahap kurikulum merdeka, SMA Muhammadiyah 1 Temanggung dapat mencetak generasi muda penerus bangsa yang kuat baik jiwa dan raganya”, tandas Eny Nur Rofi’ah.

Untuk mewujudkan kuat jiwanya, siswa-siswi dibekali dengan santapan rohani secara rutin dan kontinyu juga ditambahkan dengan wawasan kebangsaan juga cinta tanah air dengan belajar sunguh-sunguh untuk meraih cita-cita mereka.


Pengawas SMA Dinas Dikpora Kabupaten Temanggung Suryanto memberikan apresiasi penuh atas berbagai prestasi dan karya inovasi siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Temanggung.

Dalam kesempatan tersebut ia juga meresmikan secara simbolis, pelaksanaan Program Kelas Tahfidz Al Qur’an, Program Kelas Olahraga dan Branding Sekolah “Leadership And Sport School With Lifeskill”.

Sedangkan pada program Ekonomi dan Kewirausahaan, kepala SMA Muhammadiyah 1 Temanggung juga meresmikan toko serba ada bernama Toko Samhood dengan produk Guraja (Gula Aren dan Jahe) yang diproduksi oleh siswa-siswi jurusan Kewirausahaan.


Kegiatan ini Di ikuti oleh seluruh kelas X sejumlah 145 Peserta didik yang di bagi dalam 10 squad dengan nama pahlawan nasional, agar seluruh peserta didik mengenal dan memahami jasa para pahlawan nasional

Kegiatan ini juga di ikuti oleh 14 Guru Mapel, dan Komite Pembelajaran SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun Ajaran 2022/ 2023.  Arz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar