res

Lurah Sawahan Dijabat Oleh Suwarto - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

20 Oktober 2022

Lurah Sawahan Dijabat Oleh Suwarto

 


Biro DIY, Gunungkidul – Cakrawalamerdeka.com –   Kepala desa atau lurah Sawahan kapanewon Ponjong kabupaten Gunungkidul mengaku tidak ada kesulitan dalam menjalankan pemerintahan selama ini. Hal tersebut diakui saat ditanya wartawan di kantornya belum lama ini.

 

Dengan pengakuan yang polos bagi Suwarto lurah Sawahan berarti jalannya pemerintahan di kalurahan Sawahan normatif. Artinya sesuai prosedur pemerintahan di atasnya yaitu pemerintahan kapanewon Ponjong dan juga pemerintahan kabupaten Gunungkidul.

 

Menurut Suwarto, mengenai hal-hal kecil itu wajar kadang timbul. Namun itu semua mampu teratasi dengan bijaksana. “Bagi kami tidak ada kesulitan dalam mengemban amanah pemerintahan di tingkat kalurahan. Bahkan bagi kami jalannya pemerintahan di kalurahan Sawahan cukup normatif,” akunya.

 

Suprapto yang tiga tahun lalu menggantikan S Suyatno, yang masih kerabat atau saudara itu mengaku bahwa pembangunan di sawahan tidak diabaikan oleh pemerintah kecamatan maupun pemkab Gunungkidul. Terbukti saat ditanya wartawan bahwa sejauh mana pembangunan jalan cor blok atau perkerasan jalan, dijawab kades jalan cor blok cukup.

 

Memang patut disukuri bahwa pembangunan dari segala sektor di wilayah kalurahan Sawahan cukup baik. Terbukti bangunan kantor balai kalurahan Sawahan nampak megah dan rapi. Sehingga hal ini jadi kebanggaan warga masyarakat secara menyeluruh.

 

Selain hal itu pembangunan jalan tembus antar dusun dan jalan desa dirasa layak pakai. Artinya tidak rusak berat. Sehingga warga masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Walaupun hal tersebut dipandang sangat normatif, tetapi pihak lurah sangat berharap kepada pemerintah kapanewon dan pemkab Gunungkidul maupun pemerintah Propinsi DIY termasuk ke pusat. Pada pemerintahan Jokowi ini ternyata pembangunan di Gunungkidul dirasa belum merata. Mungfkin dikarenakan wilayah Pemkab Gunungkidul paling luas diantara kabupaten di DIY.  Terbukti jalan desa-desa masih banyak yang rusak dan belum sepenuhnya diaspal.

 

Tahun 2022 ini lurah bisa merencanakan  bangun embung air, semacam telaga. Sedikitnya ingin membangun kantong air. Hal ini agar air yang melimpah di musim hujan tidak terbuang ke sungai. Karena di musim kemarau sering kekurangan air untuk hewan dan tanaman serta pepohonan butuh air.

 

Selain  itu lurah sangat berharap kepada warga masyarakat agar tetap menjaga kerukunan dan ketertiban segala sektor yang ada di wilayah kalurahan Sawahan. “Kami tetap menjalin hubungan yang baik dan harmonis kepada seluruh warga masyarakat kalurahan Sawahan,” jelasnya. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar