res

Sewindu Kepemimpinan dan Prestasi Drs. Nikson Nababan, M.Si Dalam Memimpin Kabupaten Tapanuli Utara - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Gunung Semeru Kembali Meletus Dan Berstatus Awas

28 Oktober 2022

Sewindu Kepemimpinan dan Prestasi Drs. Nikson Nababan, M.Si Dalam Memimpin Kabupaten Tapanuli Utara

 




Penulis : Panji H Simanungkalit

Jabatan : Wartawan Media Online Cakrawala Merdeka






Sewindu Kepemimpinan dan Prestasi Drs. Nikson Nababan, M.Si

Dalam Memimpin Kabupaten Tapanuli Utara

Taput,Cakrawala Online, Drs. Nikson Nababan, M.Si, sudah delapan tahun atau sewindu memimpin Kabupaten Tapanuli Utara dimulai dari tahun 2014 sampai tahun 2022. Ada berbagai macam ide serta pemikiran yang inovatif serta berbagai upaya yang dilakukan Drs.Nikson Nababan dalam memimpin Kabupaten Tapanuli Utara untuk memberikan yang terbaik dalam memajukan dan membangun Kabupaten Tapanuli Utara kearah yang lebih baik dan mampu bersaing dengan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Tak ada kata pantang menyerah darinya untuk mengejar dan menggapai mimpi dalam melakukan berbagai terobosan-terobosan dalam membangun Tapanuli Utara. Hari demi hari, bulan demi bulan serta tahun demi tahun dikejar Drs.Nikson Nababan, dengan terus bekerja tanpa kenal lelah, asalkan semuanya dalam mewujudkan tekad tersebut bisa tercapai dengan baik dan sempurna.

Hal itu dilakukan Nikson dalam menjalankan tugasnya demi mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara yang terdiri dari 15 Kecamatan ini yaitu sebagai Lumbung Pangan, Lumbung Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan daerah tujuan wisata. Berbicara soal lumbung pangan, maka untuk mewujudkan visi ini, dengan program jangka pendek akan dilakukan beberapa pencetakan 1 hektar sawah per Desa. Caranya melalui pemanfaatan lahan tidur sebanyak seluas kurang 40.000 hektar dan semoga hal ini bisa terwujud dan bertambah lagi serta berkesinambungan kedepannya. Menurut keterangannya, jika tercetak 1 hektar sawah per Desa, maka 241 hektar sawah (jumlah Desa) akan menghasilkan 1.928 ton padi (1 hektar = 8 ton). Tahun berikutnya bertambah menjadi 3-5 hektar. Apabila terealisasi Taput akan menjadi penyangga lumbung pangan nasional dan tidak mustahil Presiden Joko Widodo akan panen perdana di daerah ini.

Untuk itu berbagai sarana dan prasarana penunjang, dilakukan pembangunan irigasi yang telah kita programkan selain bantuan pusat, untuk pembangunan irigasi Sidilanitano, bendungan Sipoholon dan juga Embung serta yang lainnya.

Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khusunya petani yang sangat membutuhkan bantuan prasarana jalan dan jembatan agar mereka bisa membawa hasil pertanian mereka  ke pasar, Beliau bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan PUPR membangun jalan usaha tani dan membangun jembatan penghubung antara dusun ke dusun dan desa lainnya. Dengan adanya Prasarana Jalan dan Jembatan yang baik, beliau juga membangun pasar-pasar tradisional dan modern. Beliau berpikir apabila pasar tempat penjualan hasil bumi para petani baik dan nyaman tentunya para pengapul dan pembeli hasil bumi dari luar kota akan sangat senang dan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan.

Tak hanya itu, menyangkut lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas, Nikson dirinya memimpikan ingin mendirikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Karena dengan berdirinya PTN di Tapanuli Utara akan membuat efek domino besar di berbagai sektor seperti pertanian, wisata, ekonomi mikro akan tumbuh sendirinya.

Mengenai daerah wisata, Drs.Nikson Nababan, M.Si pernah mengatakan, melalui tahun gotong royong merupakan modal awal menuju daerah wisata, jika setiap pekarangan bersih dan ditata dengan baik demikian juga lokasi wisata tidak semerawut maka akan memancing wisatawan untuk datang. Untuk itu katanya, pencanangan ‘Jumat Bersih’ setiap minggunya merupakan salah satu program penting untuk menjadikan Tapanuli Utara sebagai daerah wisata. Namun Nikson pernah menyadari, kalau masih ada kekurangan dalam pencapaian programnya, maka dari itu dengan dukungan stakeholder baik dari elemen masyarakat, dunia industri, Pendidikan, pemerintahan pusat, daerah, desa serta dukungan insan pers untuk mewujudkan Tapanuli Utara sejahtera sesuai impian Bersama.

Dalam mewujudkan dan menyatakan pada dunia luar, kalau bukan hanya dengan mencetuskan ide ide dan pemikiran yang terus ditunjukkan Nikson. Namun peran besar daripada media baik itu media cetak dan elektronik juga dibina kemitraan, hal ini agar apa hasil pencapaian program terbaik yang sudah dilakukan dan ada di Taput bisa tertuang dalam pemberitaan dan dibaca oleh publik. Baru-baru ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melakukan Serah Terima  Buku Tabungan (Serbutab) program Bantuan Stimulan  Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran (TA) 2022 di Sopo Rakyat rumah dinas Bupati, Senin 10 Oktober 2022. BSPS ini adalah merupakan bantuan pemerintah berupa stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan/peningkatan kualitas rumah (bedah rumah) beserta prasarana, sarana dan utilitas umum.

Dihadapan sebanyak 30 Kepala Daerah yang menerima penghargaan KDI tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Penghargaan ini sebagai apresiasi kepada para Kepala Daerah yang telah melakukan inovasi di daerah masing-masing.

Sebelum menjadi seorang Kepala Daerah atau Bupati di Kabupaten Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi menjalani kehidupannya sebagai seorang wirausahawan biasa di daerah pusat ibukota Jakarta beliau yang merasa terpanggil untuk membangun daerah kelahirannya Kabupaten Tapanuli Utara dan memiliki Tekad yang bulat dan keinginan yang tulus untuk membangun tanah kelahirannya beliau pun memutuskan untuk ikut dalam pertarungan pemilihan kepala daerah pada periode 2014-2019, berpasangan dengan bapak Mauliate simorangkir dan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Utara. Dimasa pemerintahan beliau pada tahun 2014 s/d 2019 bapak Drs, Nikson Nababan MSi berhasil menuai perhatian dan mampu mengambil hati masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara lewat kinerja dan program program pemerintah guna pembangunan daerah Tapanuli Utara

Diperiode Kedua Bapak Nikson Nababan berpasangan dengan Bapak Sarlandy Hutabarat kembali memenangkan Pemilihan Kepala Daeraha Kabupaten Tapanuli Utara sebagai Wujud Kepercayaan Masyarakat Tapanuli Utara kepada Beliau Untuk melanjutkan Roda Pemerintahan dan Pembangunan di daerah Tapanuli Utara.

Salah satu kinerja bapak Drs. Nikson Nababan MSi yang sangan berdampak bagi kabupaten Tapanuli Utara adalah mengubah dan mengembangkan Bandara Silangit Yang dulunya sebagai bandara perintis menjadi Bandara Internasional Silangit yang melayani Rute penerbangan Domesti dan Rute perjalanan Silangit –internasional, bapak Nikson Nababan berhasil menerima tantangan Maskapai Garuda yaitu maskapai kebanggan indonesia untuk meningkatkan stadardisasi sehingga pesawat Boeing dari garuda mampu mendarat dengan baik di silangit, dengan berkembangya Bandara silangit ini secara drastis Wajah Tapanuli Utara menjadi cerah dan mampu menyumbang peningkatan ekonomi masyarakat dan Pendapan asli daerah kabupaten Tapanuli utara,dimana hingga saaat ini telah ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan di bandara Silangit yaitu: Garuda,Sriwijaya, City link, Batik Air dan Air Asia.

Tidak hanya sebatas pengembangan Bandar Udara Silangit Bapak Drs. Nikson Nababan MSi juga memiliki program program jitu lainnya dalam mengembangkan Kabupaten Tapanuli Utara, beliau juga sangat peduli dengan masyarakat Tapanuli Utara yang masih tinggal dengan rumah Tidak layak huni (RTLH), beliau memanfaatkan kedekatan dan persaudaraan beliau dengan Bapak Syukur Nababan salah satu anggota DPR RI dan beliau berhasil mendapatkan bantuan lewat Aspirasi bapak Syukur nababan sebanyak 1560 unit Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya (BSPS). Sejak tahun 2015 total bantuan aspirasi bapak syukur nababan telah menyentuh sebanyak 8995 penerima bantuandan 93 desa mendapatkan bantuan pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (PISEW) dan program Kota tanpa kumuh (KOTAKU).

Dimasa jabatan Bupati Tapanuli Utara drs. Nikson Nababan, MSi telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan dan Jembatan normalisasi sungai dan saluran irigasi,dan membantu masyara dimana bapak nikson nababan berhasil membuka Jalan/ pelebaran Jalan sepanjang 776,09 km, hotmix: 324,53km, Lapen: 339,33 km, Telford: 70,59 km, Rabat beton: 18,972km, pada masa 2014- 2021 dan pada tahun ini beliau juga masih bekerja dan bekerja diman telah terbangunnya jalan hotmix sepanjang 40.36km, lapen sepanjang 25,54km, Telford sepanjang 8,22km dan rabat beton sepanjang 3,47km.

Jeritan hati masyarakat tapanuli utara yang masih belum merasakan indahnya gemerlap lampu dan tehnologi sampai pada pendengaran bapak Drs. Nikson Nababan MSi, sehingga beliau pun membuat Program “Merdeka Dari Kegelapan”, pelatihan TURBIN. Dengan sigap dan semangat melayani yang tulus bapak Drs. Nikson Nababan MSi pun langsung turun lapangan dan ikut membantu masyarakat secara gotong royang dalam pembukaan jalan suapaya mobilisasi material / bahan pembangkit listrik dapat dilalui oleh alat transportasi, dengan jerih payah dan usaha ini program bapak Drs. Nikson Nababan MSi berhasil membangun 57 titik jaringan listrik , membuka jalan di 29 dusun,16 desamasuk listrik dan tidak hanya didesa bahkan program penerangan/ lampu jalan di kota dan desa mencapai 4583 unit.

Disisi lain Drs. Nikson Nababan MSi juga sangat peka akan kebutuhan masyarakat desa khususnya petani yang sangat membutuhkan bantuan prasarana jalan dan jembatan agar mereka mampu membawa hasil produki pertanian mereka kepasar, Beliau bekerja sama dengan dinas pertanian dan PUPR membangun jalan usaha tani dan membangun jembatan jembatan penghubung antara dusun ke dusun dan desa yang lainnya, dimana hasil kinerja bupati tapanuli utara ini tampak dalam terbangunnya sebanyak 111 unit jembatan. Pembangunan dan program program yang memajukan kabupaten tapanuli utara pun terus bergulir dan berkesinambungan di tangan bapak Drs. Nikson Nababan MSi, dengan adanya prasarana jalan dan jembatan yang baik beliau juga membangun pasar pasar tradisonal menjadi pasar tardisonal modern, dimana Drs. Nikson Nababan MSi berpikir “apabila pasar tempat penjualan hasil bumi para petani baik dan nyaman tentunya para pengepul dan pembeli hasil bumi dari luar kota akan sangat senang dan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan” hingga Drs. Nikson Nababan MSi  pun membangun beberapa pasar tradisonal di kecamatan tarutung, sipahutar, siborongborong dan pagaran.

Tak hanya sebatas membangun pasar dan infrastruktur lainnya tetapi Drs. Nikson Nababan MSi juga mendengar keluh kesah para petani, dimana para petani dan masyarakat mengeluh dengan harga jual yang sangat tidak pantas, lantas Drs. Nikson Nababan MSi selaku bupati yang inovatif dan kreatif mengajak dinas pasar dan perusahaan daerah melakukan “pasar Lelang” hasil bumi sepert cabai, dimana program pasar lelang ini sangat membantu para petani agar harga jual tidah dibawah harga produksi hasil bumi, suatu terobosan yang sangat inovatif dan berpihak kepada para petani seingga program “pasar lelang” ini juga berhasil menyita perhatian pemerintah pusat dan daerah lainnya.hingga beliau pun mendapat piagam penghargan sebagai “Bupati/ kepala daerah inovatif dan kreatif”

Pola pikir dan sepak terjang seorang kepala daerah atau bupati sangat mendukung ide ide cemerlang yang dimiliki, hal inilah yang sangat tampak dari seorang Drs. Nikson Nababan MSi. Beliau juga mewujudkan pembangunan yang merata di berbagai bidang, tidak hanya pertanian namun bidang pendidikan juga sangat diperhatikan, terbukti dari pembangunan SMA negeri 3 tarutung yang berhasil menjadi Sekolah Unggulan di tingkat SMA, Drs. Nikson Nababan MSi juga membuat program sekolah gratis dimana seluruh biaya pendidikan anak ditanggung oleh pemerintah daerah Tapanuli utara,bupati tapanuli utara Drs. Nikson Nababan MSi juga memperhatikan kesejahteraan para tenaga pengajar/ guru guru di daerah yang masih sangat jauh dari kota yakni dengan Pemberian Insentif bagi para tenaga pengajar didaerah terpencil dan pemberian beasiswa bagi para peserta dididk yang tidak mampu dan yang berprestasi, tidak hanya sebatas insentif namun beliau juga memberikan kesempatan kepada para guru untuk meningkatkan kualiatas tingkat pendidikan para guru untuk kuliah

Tidak ketinggalan, bidang kesehatan pun tidak luput dari perhatian sosok Drs. Nikson Nababan MSi, beliau juga membangun sarana kesehatan di rumah sakit umum daerah tarutung dengan program :

1.      Anggaran sektor kesehatan diatas 10% dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara

2.      PUSKESMAS 24 Jam

3.      Membangun perumahan singgah/ rumah sehat jiwa

4.      Membangun perumahan dokter, Penempatan para dokter spesialis dan pemberian tunjangan.

5.      Membangun laboratorium PCR, poli klinik paru,  instalasi Gizi dan merenovasi kamar Jenazah.

6.      Pembangunan ruang isolasi Covid19

Selain pembangunan sarana kesehatan Drs. Nikson Nababan MSijuga membuat beberapa kebijakan seperti Pemberian subsidi biaya rawatan di RSU bagi masyarakat miskin yang tidak memiliki JKN, program pembinaan pelayanan kesehatan bagi lajut usia, pengalokasian dana untuk jaminan kesehatan daerahyang terintegrasi dengan JKN KIS, penambahan fasilitas penunjang kesehatan seperti : medical Check up, CT Scan, PONEK, Haemodialisa. Penambahan tenaga kesehatan di puskesmas dan bidan desa memastikan masyarakat miskin mendapat pelayanan fasilitas kesehatan

Walau Drs. Nikson Nababan MSi sudah melakukan pembangunan di beberapa bidang beliau juga tidak lantas langsung  menuai pujian dari warga tapanuli utara, tidak sedikit warga yang mencibir bahkan tidak senang dengan kinerja beliau sebagai seorang bupati di tapanuli utara banyak kritikan seolah bertujuan menjatuhkan, Namun sosok Drs. Nikson Nababan MSi memiliki mental seorang pemimpin sejati, beliau semakin bersemangat membangun dan membantu warga tapanuli utara yang pada umumnya petani, Drs. Nikson Nababan MSi mengucurkan bantuan bantuan seperti pemberian bibit padi IP2 agar petani bisa panen padi 2x dalam setahun, pembuatan kolam ikan gratis hingga terbentuk kolam ikan seluas 104 Ha di tahun 2014- 2021, pengelolaan lahan gratis seluas 669,01Ha pada tahun 2022,pemberian bibit ikan sebanyak 2.654.139, benih ikan 3.087.540.

Drs. Nikson Nababan MSi juga melakukan Pemetaan lahan pertanian di beberapa kecamatan berdasarkan hasil produksinya seperti kec. Pangaribuan dan garoga ( Jagung), Sipahutar ( nenas), kec. Simangumban dan pahae ( pisang barangan merah), kec. Siatas barita sipoholon, dan pangaribuan ( jeruk) kec, siborongborong dan pagaran ( hortikultura dan sayuran), kec. Muara ( bawang merah), kec. Pahae dan garoga ( durian).

Pada masa pemerintahannya sampai saat ini,  bupati Drs. Nikson Nababan, M.Si sudah sangat banyak pembangunan yang terlaksana di kabupaten tapanuli utara. Atas kinerja Drs. Nikson Nababan MSi berhasil meraih 37 penghargaan  yaitu:

1.      Penerimaan penghargaan pemberian gelar negarawan Kanjeng Raden Arya Tumenggung Drs. Nikson Nababan Darmonagoro 2016 keraton Surakarta

2.      Penerimaan penghargaan pemberian gelar negarawan Kanjeng Raden Arya Tumenggung Drs. Nikson Nababan Darmonagoro 2017 keraton Surakarta

3.      Penerimaan penghargaan pemberian gelar negarawan Kanjeng Raden Arya Tumenggung Drs. Nikson Nababan MSi 2021 keraton Surakarta

4.      Penerimaan penghargaan pemberian gelar negarawan Kanjeng Pangeran Drs. Nikson Nababan MSi 2022 keraton Surakarta

5.      Penghargaan Taskin award oleh pemprov Sumatera utara 2016

6.      Kepala daerah inspiratif pada acara sindo weekly dari majalah sindo weekly

7.      Drs. Nikson Nababan, M. Si melalui peningkatan pelayanan kesehatannya kembali dianugerahi Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2022 yang diserahkan oleh Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Komisaris Utama MNC Portal Agung Firman Sampurna, bertempat di Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. (Kamis, 22/09/2022)

8.      Asia Government Award 2021 oleh Seven Media Asia yang didukung oleh Asia Global  Council. (29 Oktober 2021) bertempat di The Trans Resort Bali.

9.      Penghargaan Juara II Kategori Pemerintah Daerah Tingkat Keaktifan Akses Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Tahun 2018 yang diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi. (Medan, 02/10/2018)

10.  Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementrian Keuangan RI. Senin (08/11/2021)

11.  Kabupaten Terbaik III perencanaan pembangunan dari pemerintah provinsi sumatera utara

12.  Penghargaan Bupati entrepreneur Award. AFCASI

13.  Penghargaan gowes Touring Pesona nusantara 272km dari Kemenpora

14.  Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inspiratif dalam acara sindo weekly dari majalah sindo weekly

15.  Piagam penghargaan dari MURI, atas rekor penari tortor terbanyak

16.  Piagam penghargaan Kepala Daerah sinergi terbaik HAM

17.  Penghargaan sebagai kabupaten perencanaan Pembangunan Terbaik

18.  Sertipikat Rumahsakit predikat paripurna Bintang 5 dari team akreditasi Rumah sakit

19.  Sertipikat eliminasi malaria dari Kemenkes RI

20.  Inovasi pelayanan public dan government daku kuat dan sehat dari otonomi daerah dari pemprov sumatera utara

21.  Kepala daerah inovatif  pelayanan masyarakat melalui “program tapanuli utara bebas Pasung dari MNC group & Koran Sindo

22.  Penghargaan atas pemerintah daerah terbaik kinerja pengelolaan keungan daerah lingkup Pemerintah provinsi sumatera utara

23.  Penghargaan sebagai Kabupaten peduli HAM dari KEMENKUMHAM RI

24.  Penghargaan sebagai Pemerintah daerah atas sinergi terbaik dalam  pengembangan UMKM dari Bank Indonesia Cabang Sibolga

25.  Penghargaan atas kinerja inovasi daerah dalam lomba  tatanan baru produktif  aman Covid19 Sektor transportasi umum

26.  Penghargaan Pemda Terbaik, Satker, dan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Terbaik, diserahkan oleh Gubernur Sumatera Utara yang didampingi Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara 

27.  Pelaksanaan PEMDA berbasis kemasyarakatan dari Indonesian golden award

28.  Penghargaan sebagai Bupati terbaik di Indonesia The Patra Bali Resort & Villas, Bali dari Indonesia Award Magazine ini sebagai bukti pengakuan akan kinerja Nikson Nababan dalam membangun Taput menjadi lebih baik.

29.  Penghargaan sebagai Kepala daerah inovativ dari MNC

30.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2014

31.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2015

32.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2016

33.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2017

34.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2018

35.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2019

36.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2020

37.  pengharagaan Wajar tanpa pengecualian tahun 2021

Selain sertipikat dan piagam penghargaan yang diterima oleh Bupati tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan MSi, beliau juga dapat merasakan penghargaan langsung melalui  untaian kata kata terimakasih dan ucapan syukur serta tetesan air mata bahagia dari warga tapanuli utara.

Tapanuli Utara berkarya dan berkelanjutan.


Penulis : Panji H Simanungkalit

Jabatan : Wartawan Media Online Cakrawala Merdeka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar