res

Untuk Menyerap Aspirasi Masyarakat BPD Desa Anamina Lakukan Rapat Inspiratif - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Ny Satika Simamora Serahkan Bantuan Tali Kasih Ke Gereja HKBP Kota Tarutung

07 Oktober 2022

Untuk Menyerap Aspirasi Masyarakat BPD Desa Anamina Lakukan Rapat Inspiratif

 


Dompu, Cakrawala Online-BPD Desa  Anamina Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB melakukan rapat insipiratif, untuk menyerap aspirasi masyarakat Desa Anamina Kecamatan Manggelewa, demi mewujudkan Desa Anamina,yang Maju, Sejahtera dan Mashur .

Adapun peserta rapat yaitu  ketua BPD dan anggota, Kades Anamina Dadang Rusada, Babinsa,  Babinkantibmas Briptu Toding, Camat Manggelewa yang diwakili kasi pemdes, ketua LPM, Ketua BUMDES, tokoh masyarakat, tokoh Agama, karang taruna tokoh pemuda, serta  bidan Desa Anamina.

Kades Anamina Dadang Rusada menjelaskan agenda rapat menyerap aspiratif masyarakat untuk menjadi agenda pembahasan oleh tim penyusunan anggaran pada tahun 2023 mendatang. Salah satu poin penting pada anggaran tahun 2023 mendatang antara lain memperbaiki selokan (got)air limbah, pengerasan dan pengaspalan jalan lingkungan mulai dari selatan lapangan dusun Anamina, peningkatan anggaran bidan desa, pendidikan Paud, dan pembelian induk sapi.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, pemerintah kecamatan mendorong dua desa yang belum melakukan rapat koordinasi membahas agenda tahunan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat , demi membangun desa lima tahun kedepan, dua desa tersebut yakni desa Doromelo dan desa Teka Sire.

                                    


 Camat Manggelewa Syaiful Arif M,Pd , melalui Kasi pemdes, menyikapi dan memfasilitasi secara intens terkait perencanaan anggaran pemerintah desa, sudah 90 % perencanan sudah matang, melalui rapat koordinasi ini kami pemerintah kecamatan kepada teman teman pemerintah desa, sebagian ada kesalah pahaman persepsi, Alhamdulillah melalui pendekatan avokasi dapat di terima dengan hati yang lapang.

Selanjutnya rapat pembahasan inspiratif menampung aspirasi masyarakat, melalui tim  desa, i “ PUA “ akrabnya , menjelaskan kami atas nama pemerintah Kecamatan mendorong pemerintah desa dan BPD, melakukan rapat koordinasi pembentukan tim pengkajian pemetaan anggaran 2023, dari 12 desa sekecamatan Manggelewa, sepuluh Desa sudah melakukan pembahasan, tinggal dua desa yang belum ,  yakni Desa Teka sire dan Desa Doromelo.




Sekdes Doromelo, menyikapi akan melakukan rapat dalam waktu sepekan , karena selama ini masih ada kendala-kendala yang di hadapi ada dari kecamatan,dan dari kabupaten jelasnya, pada kesempatan ini siap merapat untuk melakukan rapat koordinasi bersama semua lembaga Desa, BPD , LPM, Bumdes, karang taruan , pemuda dan PKK Desa.


Dengan hal tersebut semua inspiratif dikaji dulu oleh BPD, karena pengkajian oleh BPD itu, nanti BPD akan megeluarkan undangan terkait dengan rapat kerja dalam waktu sepekan tandas sekdes. Desa teka sire, dan BPD, belum rapat  dikarenakan ketua BPD masih berada di luar Daerah(Zun *).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar