res

Utusan Raja dan Sultan Se-Nusantara Hadiri Kirab Merah Putih - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siklus Sejarah Terbentuknya Kecamatan Manggelewa

14 November 2022

Utusan Raja dan Sultan Se-Nusantara Hadiri Kirab Merah Putih

 



Pemalang - Cakrawala Online, Kegiatan yang digagas oleh Habib Lutfi bin Yahya yakni: Kirab Merah Putih, Sabtu(12/11) digelar di Pemalang.


Kirab Merah Putih dengan Tagline: Harmoni Nusantara Bangkit ini, selain dihadiri Plt.Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Abah Tohir bin Yahya mewakili Habib Lutfi bin Yahya, Jajaran Forkopimda, Pj. Sekda; Moh. Sidik, para kepala OPD, Camat, Lurah dan Kades, juga para utusan raja dan sultan se-nusantara yang datang untuk menyaksikan langsung jalannya Kirab Merah Putih di Pemalang.


Kirab Merah Putih juga disengkuyung oleh Paguyuban Wonge Dewek(PWD) Kabupaten Pemalang yang diketuai; Tutuko Raharjo, dengan tema: "Pemalang Mengukir Sejarah, Merajut Kembali Peradaban Kebangsaan".


Dalam Kirab Merah Putih, dibentangkan bendera Merah-Putih sepanjang 1001 meter yang dibuat oleh perwakilan 34 Propinsi di Indonesia dan juga bendera Merah-Putih sepanjang 700 meter dari Majapahit serta Panji-Panji Merah-Putih sebanyak 1.750 bendera yang dibawa oleh para pelajar.


Nampak pula Lambang Negara Republik Indonesia yakni: Garuda Pancasila yang dipanggul oleh perwakilan dari 34 Propinsi di Indonesia.


Kirab Merah-Putih juga dimeriahkan oleh penampilan Dua grup Marching Band.


Dalam sambutan, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengajak semua masyarakat Pemalang untuk senantiasa memegang teguh nilai-nilai kebangsaan Indonesia.


"Dengan tema Pemalang mengukir sejarah, merajut kembali peradaban kebangsaan, saya berharap tema tersebut dapat terwujud, dari Pemalang untuk Indonesia," Ucap Mansur.


Seusai memberi sambutan, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, didampingi Abah Tohir bin Yahya, Dandim 0711/Pemalang; Letkol. Inf. Roihan Hidayatulah, dan Wakapolres. Pemalang, melepas peserta Kirab Merah-Putih dari Depan Pendopo menuju Alun-Alun Pemalang.


Disela-sela kegiatan, saat Cakrawala Online menanyakan apakah Kirab Merah-Putih ini merupakan even Pertama yang digelar Paguyuban Wonge Dewek(PWD) Kabupaten Pemalang, Ketua Panitia Kirab Merah-Putih, Saefudin, yang sekaligus anggota Paguyuban Wonge Dewek(PWD) ini mengiyakan bahwa Kirab Merah-Putih yang diadakan di Pemalang merupakan even Pertama yang digelar oleh PWD.


"Sejak PWD Pemalang terbentuk, sudah banyak kegiatan yang kami lakukan, namun untuk tingkat kabupaten dan even yang cukup besar, baru kali ini," Ujar Saefudin.


Kirab Merah-Putih juga di-isi dengan Orasi Kebangsaan oleh perwakilan dari Dewan Perintis Kemerdekaan RI.


(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar