res

Bupati Dompu H.Kader Jaelani Lantik Ketua FPRB Andi Bachtiar A.md.Par - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kades taloko Kec.Sanggar Kab.Bima, Dialog Dengan Tokoh Pemuda

24 Desember 2022

Bupati Dompu H.Kader Jaelani Lantik Ketua FPRB Andi Bachtiar A.md.Par



Dompu-Cakrawalaonline, FPRB › Kabupaten Dompu Dibentuk, Dalam konteks kegiatannya nanti,  Bupati Dompu H.Kader Jaelani Harapkan Dapat Bersinergis dengan Pemerintah

Jumat, 23 Desember 2022. Bupati Dompu H Kader Jaelani melantik dan melakukan  pengukuhan FPRB Dompu, Kamis (22/12/2022).

 Bupati Dompu H kader Jaelani melantik dan mengukuhkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Acara tersebut bertempat di Aula Pendopo Bupati Dompu, Kamis (22/12/2022).

Di acara pelantikan juga dihadiri Ketua DPRD Andi Bachtiar A.Ma.Pd, Sekda Dompu, anggota DPRD, Forkompimda, staf ahli Bupati, para  Asisten, dan Kepala organisasi perangkat Daerah ( OPD).

Bupati Dompu H.Kader  Jaelani mengapresiasikan  pembentukan FPRB yang akan   membawa  dampak signifikan yang sangat  positif pada  tingkat keselamatan saat terjadi bencana dan efektivitas mitigasi bencana yang dilakukan.


 


Diakuinya, pembentukan FPRB sudah tepat mengingat kondisi topografi Kabupaten Dompu berupa perbukitan sampai  pegunungan. Dengan kemiringan lahan yang bervariasi mulai dari 0-8% dengan klasifikasi datar, hingga kemiringan lebih dari 40% dengan klasifikasi  curam hingga  sangat  curam, yang  berpotensi cukup berbahaya  menyebabkan timbul bencana alam seperti tanah longsor, menjadi alasan penting untuk dibetuknya FPRB.

  Dikatakan pula, adanya masa pancaroba dan memasuki  musim penghujan, tentunya diperlukan kewaspadaan dan kesiap - siagaan  bencana,  terutama ancaman bencana, banjir, tanah longsor dan angin kencang sehingga dibutuhkan peran aktif FPRB.


 


“FPRB adalah mitra pemerintah dalam penanggulangan kebencanaan, oleh karena itu dalam tugas dan fungsinya harus bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya,” harap Bupati Dompu Kader Jaelani.

Dalam kesempatan tersebut kita tidak saja memikirkan pada musim hujan , namun musim kemarau perlu waspada, untuk mengantisi pasi kebakaran terjadi dan penanggulangan di setiap kecamatan diadakan damkar masing masing 1 tiap kecamatan.(Zu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar