res

Gedung Puskesdes Sorinomo Sudah Ambruk, Terancam Korban Jiwa - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa Desa Dorokobo, dan Kades Mansyur himbau jaga keamanan lingkungan

07 Februari 2023

Gedung Puskesdes Sorinomo Sudah Ambruk, Terancam Korban Jiwa

 



Dompu- Cakrawalaonline, Gedung Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesdes) Desa Sorinomo menuai sorotan tajam dan kekecewaan oleh warga setempat.


Pasalnya, gedung tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah namun tidak pernah diperbaiki pemerintah setempat.


Menurut salah seorang warga Amaq Nur,  mengatakan bahwa gedung Puskesdes Sorinomo merupakan fasilitas pelayanan yang setiap saat digunakan oleh masyarakat setempat untuk pemeriksaan, berobat dan melahirkan.



Namun justeru masyarakat yang datang berobat merasa tidak nyaman dan khawatir lantaran sarana dan prasarana yang dimiliki Puskesdes Sorinomo sudah tidak layak lagi untuk digunakan.


“Bangunan gedungnya sudah rusak parah dan tidak pernah diperbaiki, kami merasa kwatir ketika keluarga kami datang periksa, takut gedungnya ambruk”.


“jujur saja, kami kecewa dengan sikap pemerintah yang tidak mau memperbaiki fasilitas untuk masyarakati,” terangnya pada Media  pada, Kamis (3/01/2023)


Hal senada juga disampaikan, Sahdan selalu Kadus Sorinomo, ia berharap kepada pihak Pemerintah Daerah dan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu agar dapat memperbaiki gedung atau sarana dan prasarana Desa Sorinomo.


Karena setiap hari masyarakat selalu datang periksa di Puskesdes, karena kalau berobat di Puskesmas Pekat itu terlalu jauh, jadi rata-rata masyarakat Desa Sorinomo lebih memilih memeriksa di Puskesdes.


Contohnya saja pada Jum’at lalu, ada keluarganya yang melahirkan, lantaran fasilitas yang jorok dan tidak terurus dengan kondisi toilet/WC yang sudah tidak layak, dan ditambah lagi atap gedung yang sudah keropos.


“Kami berharap kepada Pemerintah Daerah supaya dapat memperhatikan fasilitas pelayanan sekaligus memberikan bantuan rehap atap Puskesdes yang hampir roboh ini, takutnya atap gedung ini ambruk menimpa pasien” Ujarnya.


Sementara itu, Kepala Desa Sorinomo Supardi, saat dikonfirmasi Awak Media  mengaku, memang kondisi gedung Puskesdes saat ini sudah tidak layak untuk digunakan.


Kades, mengungkapakan hampir setiap hari Puskesdes tersebut selalu ramai dikunjungi warga yang datang memeriksa, berobat dan melahirkan.


Namun terkait dengan anggaran dana Desa (ADD) saat ini, lanjut Kades, belum ada anggaran untuk membantu memperbaiki fasilitas gedung Puskesdes, yang di bangun 1996.


“Kami berharap, kepada  Pemerintah Daerah maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu agar mendapat kepedulian  dan  keseriusan  terkait dengan kondisi Puskesdes Sorinomo, takutnya gedung tersebut bisa ambruk menimpa warga, terancam korban jiwa masyarakat,” Ujannya


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, S.K.M yang hendak dikonfirmasi Media  terkait dengan hal ini tidak ada ditempat hingga berita ini dipublikasikan. Zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar