res

Joki Tembak Data Vaksinasi di PeduliLindungi Ditangkap Polresta Yogyakarta - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

24 Februari 2023

Joki Tembak Data Vaksinasi di PeduliLindungi Ditangkap Polresta Yogyakarta


Cakrawalaonline, Seorang tenaga honorer asal Kalimantan Barat (Kalbar) berinisial HA (27) ditangkap atas dugaan sebagai calo tembak data aplikasi PeduliLindungi. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Hary Agung Tjahyadi mengatakan, tersangka HA memang merupakan tenaga kesehatan honorer, tapi bukan di dinas kesehatan, melainkan di salah satu puskesmas di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. 

“Kami luruskan, yang bersangkutan bukan nakes honorer di Dinkes Kalbar, tapi honorer di puskesmas Kubu Raya,” kata Hary kepada wartawan, Kamis (23/2/2023) malam.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta AKP Archye Nevada menjelaskan, pengungkapan kasus ini bermula saat tim Tipiter Polresta Yogyakarta melakukan patroli siber pada 5 November 2022. 

Dari hasil operasi siber tersebut, tim Tipiter menemukan satu akun yang menjual jasa pengisian data aplikasi PeduliLindungi atau data vaksinasi. Atas dasar tersebut, Polresta Yogyakarta melakukan penyelidikan lebih lanjut. 

"Dalam pengungkapan kasus. menemukan akun Facebook dengan nama Orange Pelosok yang diduga pelaku. Pelaku ini (HA) diketahui sebagai tenaga honorer di satu dinas di Kalimantan," ujar Archye saat ditemui di Polresta Yogyakarta, Rabu (22/2/2023).

Pelaku HA ditangkap pada 24 Januari oleh tim Tipiter Polresta Yogyakarta di Kalimantan Barat, dari keterangan pelaku HA menjual jasa tembak vaksin dengan beragam harga. 

"Vaksin pertama dihargai Rp 300.000, vaksin kedua Rp 300.000, vaksin booster 400.000. Serta ada paket tembak vaksin satu dan dua Rp 500.000, dan paket lengkap Rp 800.000," beber Archye. SA: Kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar