res

Ganjar Perbaiki Jalan yang Diviralkan Puluhan Tahun - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Gaji ASN akan Naik Lagi 2025, Jadi Berapa?

15 Maret 2023

Ganjar Perbaiki Jalan yang Diviralkan Puluhan Tahun

 



GROBOGAN, CAKRAWALAONLINE - Warga Desa Keyongan, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, kini bisa bernapas lega setelah akses jalan rusak sepanjang 6 kilometer di wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sragen itu dibetonisasi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diketahui menggelontorkan bantuan keuangan provinsi tahun anggaran 2022 untuk peningkatan ruas jalan Desa Keyongan menuju Sragen itu senilai Rp 16,9 miliar. Ganjar menyampaikan, kerusakan jalan kabupaten tersebut sebelumnya sempat diviralkan di media sosial. "Mereka protes seperti itu biarkan, jangan merah kupingnya. Tugas kami sebagai pemerintah untuk tanggung jawab. Kan belum tentu langsung selesai, tapi disampaikan, mereka juga dilibatkan," kata Ganjar, saat meresmikan betonisasi jalan Desa Keyongan, Rabu (15/2/2023). Baca juga: Saat Dubes Korsel Bertemu Ganjar: Saya Dengar Bapak seperti Idol K-Pop, Sangat Ganteng Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, edukasi kepada masyarakat penting menyoal proses pengambilan keputusan hingga tahapan pelaksanaan pembangunan infrastruktur. "Partisipasi masyarakat penting. Ternyata sharing informasi itu penting, dan masyarakat butuh diedukasi bahwa ada yang bisa dikerjakan langsung dan ada yang membutuhkan waktu dalam proses perencanaan," ungkap Ganjar. Sementara itu, peningkatan ruas jalan Desa Keyongan diharapkan berdampak baik untuk perputaran roda perekonomian. "Efeknya nanti akan tinggi tapi ya tidak mak bedunduk (tidak langsung), pasti akan ada waktu dan ketika tranportasi lancar ekonomi bagus," kata Ganjar. Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengapresiasi sikap Bupati Grobogan Sri Sumarni yang berani mengambil keputusan dengan meminjam bank untuk pembangunan daerah. "Bupati ini termasuk yang cukup rajin untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhannya. Bahkan, ini termasuk Bupati yang pertama yang berani pinjam bank untuk membangun infrastruktur untuk rakyat di Grobogan,” kata dia. Warga Desa Keyongan pun menyambut baik pembangunan akses jalan penghubung ke Kabupaten lain ini.

"Alhamdulillah terima kasih Pak Ganjar dan pemerintah sudah dibantu pengerasan jalan," kata Bayu (39), warga Desa Keyongan. Bayu menuturkan, jalan Desa Keyongan dulunya hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua lantaran masih berupa tanah dan bebatuan. "Ini dulu kayak jalan offroad-lah, rusak banget enggak bisa dilewati mobil," kata Bayu. Saking rusaknya jalan ini bahkan jika ada warga desa yang sakit parah harus dibawa ke puskesmas atau rumah sakit secara manual. Bukan menggunakan mobil ambulans, namun dengan cara ditandu.

"Ambulansnya enggak bisa masuk. Nunggu di ujung jalan masuk ke sini tadi," tutur Bayu. Ungkapan serupa disampaikan Pujiyanto (35) warga Desa Keyongan. Yanto menyebut, kerusakan jalan di desanya itu sudah berlangsung puluhan tahun. Mirisnya saat hujan turun, akses jalan berbahaya untuk dilalui. "Dulu hanya bisa dilintasi roda dua, mobil tidak bisa, rusaknya sudah dari sebelum saya lahir ini sudah rusak. Kini nyaman untuk melintas dan dipermudah urusannya. Akses ke kota lebih mudah, apalagi ini desa berbatasan dengan Sragen dan juga Ngawi, Jatim," pungkas Yanto.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar