res

Heboh Disosmed, Hp Ngehang Karena Virus Virtex - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa Desa Dorokobo, dan Kades Mansyur himbau jaga keamanan lingkungan

10 Maret 2023

Heboh Disosmed, Hp Ngehang Karena Virus Virtex



Cakrawalaonline, Belakangan ini sosial media dihebohkan dengan Beredar video yang menunjukkan rekaman CCTV di sebuah lokasi yang tampaknya cafe dengan live music. Usai mengklik video di WhatsApp Story itu, seorang warganet mengaku ponselnya sama sekali tak bisa dinyalakan.

lalu ada pengakuan seseorang bahwa ponselnya sama sekali tak bisa dinyalakan akibat hang usai mengklik video di WA Story. 

Netizen mengklaim kiriman video itu sebagai video Bjorka atau video Virtex.


Chairman Communication & Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha mengklaim "kemungkinan besar itu adalah virtex atau virus text."

Pratama menjelaskan yang beredar belakangan ini bukan berupa teks melainkan video. Menurutnya, ada kemungkinan ini sejenis video malware atau program jahat yang mengandung script yang dirancang untuk memanfaatkan bug sistem operasi Android.

"Malware semacam itu mungkin tersembunyi dalam aplikasi atau situs web yang tidak aman dan dapat menyebar melalui media sosial atau aplikasi pesan instan," ujar dia, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (9/3).

"Ketika kita menonton video atau mengakses situs web yang terinfeksi, skrip malware dapat memicu bug atau celah keamanan pada sistem operasi Android," tutur dia.

Pratama mengatakan virtex sudah menjadi modus lama dengan mengirimkan pesan spam hingga 66 ribu karakter melalui WhatsApp. Pesan ini berdampak pada aplikasi WhatsApp penerima yang menjadi lag, lambat, bahkan error.

"Bisa mengakibatkan WA crash dan ponsel kita mati atau melambat," katanya.

Ia pun mengungkap ponsel dengan sistem operasi iOS (iPhone) lebih kebal ketimbang Hp Android.

"Sebenarnya cara mengatasi mudah, yaitu dengan selalu meng-update sistem Androidnya dan sepertinya untuk pengguna iOS tidak terpengaruh," jelas dia.



Video yang viral sejatinya dibuat height overflow yang membuat kebanyakan Hp Android lawas dan berspesifikasi rendah tidak mampu menampilkannya di layar. Imbasnya Hp jadi lag dan ngehang.

"Video tersebut mengeksploitasi keterbatasan hardware jadul dan spek rendah dalam menampilkan video. Videonya sendiri tidak mengandung aplikasi jahat. Tidak ada virus, Trojan atau malware. Tinggal restart aja," pungkas Alfons. SA : CNNIndonesia







Tidak ada komentar:

Posting Komentar