res

Ratusan Rumah Rusak Disapu Angin Puting Beliung di Madiun - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bakal calon bupati Mulai muncul di tengah- tengah Publik

06 Maret 2023

Ratusan Rumah Rusak Disapu Angin Puting Beliung di Madiun





Cakrawalaonline, Ratusan rumah diperkirakan rusak akibat angin puting beliung yang menyapu Kecamatan Wonoasri di Madiun, Jawa Timur, pada Minggu (5/3).


Bupati Madiun, Ahmad Dawami menyatakan, tiga desa yang dihantam angin puting beliung yakni di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo.


"Dari data BPBD dilaporkan ada tiga desa yang terdampak akibat bencana angin puting beliung kemarin. Tiga desa itu yakni Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo Kecamatan Wonoasri," ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami, Senin (6/3/2023). 


Pria yang akrab disapa Kaji Mbing itu mengatakan, dirinya belum bisa memastikan jumlah rumah yang rusak lantaran masih dalam pendataan. Hanya saja diperkirakan, kerusakan menimpa ratusan rumah.


Rata-rata atap rumah milik warga rusak setelah diterjang angin puting beliung. Kendati demikian belum ada laporan korban jiwa atau korban luka dalam peristiwa tersebut.



Bencana angin puting beliung terjadi setelah hujan deras mengguyur Kabupaten Madiun, Minggu (5/3/2023) sore. Untuk penanggulangan darurat, kata Kaji Mbing, tim dari BPBD, relawan, TNI dan Polri hari ini turun ke lokasi melakukan pembersihan. 

Sebelumnya tim mengevakuasi pohon-pohon yang roboh akibat bencana itu. Pasalnya bencana angin puting beliung menyebabkan sejumlah pohon roboh dan listrik padam. 


"Untuk itu tim kemarin mengevakuasi pohon tumbang. Selain itu memotong batang pohon menimpa tiang dan kabel listrik," tutur Kaji Mbing.


Tak hanya itu, logistik juga sudah diturunkan bagi warga terdampak tadi malam. Ia menambahkan selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga sempat menghambat perjalanan kereta api Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen. 


Pasalnya, jalur rel kereta yang hendak dilewati tertutup pohon tumbang di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo. 


Terhadap kejadian itu, Kaji Mbing mengingatkan warga terus waspada terhadap bencana. Terlebih hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur Kabupaten Madiun dalam beberapa hari terakhir. SA : Kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar