res

Ritual Tradisi Boyong Grobog Saat Peringatan Hari Jadi Grobogan Ke 297 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

04 Maret 2023

Ritual Tradisi Boyong Grobog Saat Peringatan Hari Jadi Grobogan Ke 297



Grobogan – Cakrawalaonline, Tradisi kirab boyong menjadi salah satu rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan yang dilaksanakan setiap 4 Maret boyong grobog diselenggarakan untuk memperingati sejarah perpindahan pusat Pemeritahan kabupaten Grobogan dari kabupaten lama di Kecamatan Grobogan menuju kabupaten baru di Kecamatan Purwodadi.


Boyong Grobog merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang digelar sehari sebelum acara Hari Jadi Kabupaten Grobogan, atau tepatnya setiap tanggal 3 Maret tiap tahunnya.


     


Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta para pejabat Pemkab juga seluruh kepala desa se-kabupaten Grobogan melaksanakan kirab dengan menaiki kereta kuda Jum’at ( 3/3/23 )




Acara boyong grobog juga dimeriahkan dengan rebutan gunungan dan tumpeng yang jumlahnya puluhan gunungan dan ratusan tumpeng.


Grobog yang berisi pusaka dibawa menggunakan mobil tertutup. Setelah sampai di Pendopo Kabupaten Grobogan, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyerahkan grobog pusaka kepada Sekda Grobogan.



Bupati Grobogan Sri Sumarni menyampaikan tradisi Boyong Grobog tiap tahun ada, dan ini yang ke 297. Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Grobogan sejahtera, berdaya saing, beriman dan berbudaya, serta gemah ripah loh jinawi. Ng






 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar