res

Toba Pulp Lestari (TPL) Salurkan Bibit Aren Kepada Masyarakat Siborong boring Taput - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

27 Mei 2023

Toba Pulp Lestari (TPL) Salurkan Bibit Aren Kepada Masyarakat Siborong boring Taput



Taput-Cakrawalaonline,Sektor Habinsaran hadir berkontribusi mendukung pertanian dengan menyalurkan Bibit Aren kepada masyarakat Kelompok Tani di Dusun Purba Sinomba dan Dusun Nagasaribu, Desa Pohan Jae, Kecamatan Siborong Borong, Kabupaten Tapanuli Utara.


Sebanyak 1.100 Pokok dukungan Bibit Aren dengan rincian 350 Pokok kepada kelompok tani Dusun Purba Sinomba dan 750 Pokok kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Onan Harbangan Dusun Nagasaribu diserahkan secara simbolis oleh Alexander Sitorus Community Development (CD) Officer TPL kepada Kepala Desa Pohan Jae, Demas Simanjuntak dan perwakilan kelompok tani.


Disamping untuk pemulihan ekonomi pertanian, Alex mengatakan bahwa dukungan Bibit Aren ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TPL kepada masyarakat desa sekitar wilayah operasional dan juga upaya perusahaan dalam memberdayakan masyarakat, edukasi, pendampingan, dan konservasi alam mengingat pohon aren sebagai tanaman konservasi erosi dan longsor.


“Mewakili perusahaan, kami hadir berkontribusi membantu sekaligus mendampingi  masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan tanaman aren. Disamping berguna untuk penghijauan, tanaman aren ini tentunya akan memberi keuntungan dari hasil pengelolaan nya. Semoga dukungan ini dapat membantu masyarakat dari sisi ekonomi dan juga ekologi, karena pohon aren adalah tanaman yang serbaguna,” terangnya (Jumat, 26/05/2023)


Dalam kesempatan yang sama, Demas Simanjuntak menerima dukungan yang diberikan oleh TPL sebagai bentuk dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang merupakan komitmen perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial dan lingkungan di wilayah operasionalnya.


“Kami berterimakasih kepada TPL melalui program pengembangan masyarakatnya, yang kembali mendukung para petani kami. Sebelumnya TPL juga memberikan Bibit Kopi sebanyak 30.000 Bibit dan sedang dilakukan binaan serta pendampingan untuk proses pembibitan. Ditambah petani kami juga didampingi dan dibina untuk proses pengelolaan tanaman kopi yang baik, “ ujar Demas.


Tarigan Simanjuntak, Ketua Kelompok Tani Dusun Purba Sinomba dan Dapot Simanjuntak, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Onan Harbangan Dusun Nagasaribu, menjelaskan bahwa para petani di desa mereka bergantung dengan tanaman kopi dan aren, oleh karena itu harus dilakukan proses pendampingan dari perusahaan agar tanaman ini berhasil ke depannya.


“Dukungan ini sangat membantu kami sebagai petani sebab penghasilan kami memang dari kebun, maka dari itu kami sangat merasa terbantu dan kami juga merasakan kehadiran TPL yang peduli terhadap kami. Semoga TPL semakin jaya dan harapan kami dukungan dari TPL ini bisa membantu perekonomian kami kedepannya,” kata Tarigan menutup.ps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar