res

Gempa Di Barat Daya Pacitan Kagetkan Warga Jateng - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

08 Juni 2023

Gempa Di Barat Daya Pacitan Kagetkan Warga Jateng



Pacitan- Cakrawalaonline, Gempa bumi bermagnitudo 6 mengguncang barat daya Pacitan, Jawa Timur, pada Kamis (8/6) dini hari. Getaran gempa terasa hingga ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga membuat warga berlarian ke luar rumah.


"Tadi habis pulang ronda, dengar suara atap galvalum rumah tetangga, saya kira hujan ternyata gempa terus lari ke rumah," ujar Eko (35), warga Argorejo, Sedayu, Bantul, DIY, Kamis (8/6).


Tetangga Eko pun masih terjaga berada di luar rumah meski getaran gempa sudah sekitar 20 menit berlalu. Beberapa terlihat masih menggelar tikar di depan kediaman mereka.



Kesaksian serupa disampaikan Cahyo Purnomo (34). Warga Godean, Sleman, DIY, itu melihat pengunjung warmindo berhamburan keluar saat gempa mengguncang.


"Di Godean kerasa banget. Lagi di burjoan (warmindo) langsung keluar," katanya.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa itu terjadi pada pukul 00.04 WIB.


Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 kilometer (km) pada koordinat 9,15 Lintang Selatan dan 110,69 Bujur Timur, tepatnya 117 km di barat daya Pacitan.



Selain Yogyakarta, guncangan juga terasa di Semarang, Ponorogo, Nganjuk, hingga Demak.


"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis pengumuman BMKG.


Hingga pukul 00.47 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi sembilan kali aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M 4,1.


Belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa tersebut. Ng



Tidak ada komentar:

Posting Komentar