res

Densus 88 Tangkap Karyawan PT KAI Terduga Teroris Di Bekasi, Senjata Dan Amunisi Berhasil Disita - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

15 Agustus 2023

Densus 88 Tangkap Karyawan PT KAI Terduga Teroris Di Bekasi, Senjata Dan Amunisi Berhasil Disita

  


BEKASI – Cakrawalaonline, Seorang karyawan PT KAI terduga teroris ditangkap Densus 88 di Bekasi, Jawa Barat, pada Senin 14 Agustus 2023. Sejumlah senjata dan amunisi serta buku-buku disita dalam penggeledahan di rumah tersangka di kawasan Perumahan Pesona Anggrek Harapan, Harapan Jaya, Bekasi Utara.

Terduga teroris itu bernama Dananjaya Erbening (DE). Ketua RT setempat pun membenarkan bahwa pria yang ditangkap Densus 88 dalam penggerebekan hari ini merupakan karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Hari-hari bekerja sebagai karyawan BUMN, KAI. Saya interaksi jarang sama dia," ucap Ketua RT 7/RW 27 Kelurahan Harapan Jaya, Ichwanul Muslimin pada Senin 14 Agustus 2023.

Dia mengatakan, pria terduga teroris itu berusia 28 tahun. Sosok DE dikenal tertutup, tetapi selalu aktif dalam rapat maupun kegiatan di lingkungan rumah.

"Makanya kita tidak menyangka (terafiliasi teroris). Tapi jarang berbincang panjang lebar," ujar Ichwanul Muslimin.

Dia juga mengungkapkan bahwa penggerebekan dilakukan pada Senin siang. Menurutnya, sesaat sebelum penggerebekan, dia dikabari oleh anggota polisi terkait kegiatan dimaksud.

"Pelakunya sudah dibawa (saat penggerebekan), jadi pas penggerebekan saya tidak melihat pelaku," kata Ichwanul Muslimin.

Densus 88 Antiteror Polri membenarkan penangkapan seorang pegawai perusahaan BUMN berinisial DE selaku tersangka terorisme di Bekasi, Jawa Barat pada Senin, 14 Agustus 2023. Sejumlah barang bukti ikut disita, salah satunya senjata api rakitan beserta ratusan amunisi.



"Benar ada penyitaan senjata api. Penyidik sedang mendata jenis dan jumlahnya," ucap Juru Bicara Densus 88 Kombes Pol. Aswin Siregar.

Dia mengatakan, pelaku yang merupakan pegawai di perusahaan BUMN tersebut terafiliasi dengan kelompok teroris ISIS. Selama menjadi simpatisan ISI, DE aktif melakukan propaganda melalui media sosial.

"(Tersangka) aktif melakukan propaganda di media sosial dengan memberikan motivasi untuk jihad melalui media sosial Facebook," tutur Aswin Siregar.

Dalam menyampaikan propaganda itu, DE menyebarkan poster berisi teks baiat kepada pemimpin ISIS Abu Al Husain Al Husaini Al Quraysi. DE juga terbukti menyimpan sejumlah senjata api rakitan dan terlibat dalam penggalangan dana untuk melakukan aksi teror.

Tidak hanya itu, DE juga diketahui merupakan admin dan pembuat akun Telegram Arsip Film Dokumenter dan Breaking News berisi kegiatan teror global yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

"Tindak lanjut melakukan pengamanan, interogasi, penggeledahan terhadap tersangka," ujar Aswin Siregar. Cl – Sumber : pikiran rakyat

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar