res

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna ''Jawaban Eksekutif'' - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bermain Di Embung 2 Bocah di Pulokulon Tewas Tenggelam

29 Agustus 2023

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna ''Jawaban Eksekutif''

 



Pemalang - Cakrawala Online, Setelah sebelumnya diadakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi, sebagai kelanjutannya, Senin(28/8), DPRD Kabupaten Pemalang menggelar rapat paripurna kembali dengan agenda: jawaban Eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang perubahan APBD Kabupaten Pemalang tahun anggaran 2023.


Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana(PDIP) didampingi 2 orang wakil ketua-nya yakni: Khodori(PPP) dan Ajeng Triyani(PKB), serta dihadiri Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Pj. Sekda; Moh. Sidik, para anggota dewan, kepala OPD, Camat, termasuk undangan lainnya.


Seperti biasa, rapat paripurna diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.


Setelah rapat paripurna dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Tatang Kirana, kemudian pimpinan rapat mempersilakan Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menyampaikan jawabannya atas pandangan umum fraksi.


Dalam jawabannya, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengungkapkan sejumlah hal yang menjadi Atensi fraksi pada pandangan umumnya, seperti: permasalahan kondisi kesehatan PT. Aneka Usaha(PT.AU), Model Pengelolaan Wisma Pemalang yang berada di Yogyakarta, Pengelolaan Hotel Moga Indah, Kesiapan Pemkab. Pemalang menghadapi Pemilu tahun 2024, dan Infrastruktur terutama jalan.


''Terkait PT. Aneka Usaha yang saat ini memang belum memberikan Kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah(PAD) karena mengalami kerugian, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang, saat ini sedang melakukan Evaluasi terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT. Aneka Usaha,'' Ungkap Mansur.


Lebih lanjut, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menjelaskan berbagai langkah yang sedang dilakukan pihaknya.


''Terkait dengan Model Pengelolaan Wisma Pemalang yang ada di Yogyakarta yang dikelola oleh dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga(disparpora), adalah dengan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia(SDM) yang ada dan melakukan penyesuaian tarif sewa kamar sesuai dengan peraturan daerah tentang pajak dan retribusi daerah,'' Jelas Mansur.


Masih dalam jawaban Eksekutif, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, menerangkan mengenai Pengelolaan Hotel Moga Indah.


''Pemerintah Kabupaten Pemalang akan menggandeng pihak Ketiga dengan mekanisme sewa dan kerja sama pemanfaatan yang saat ini masih dalam tahapan penyusunan kajian potensi pendapatan Hotel Moga Indah,'' Ucap Mansur.


Dan terkait dengan pandangan umum fraksi mengenai kesiapan Pemkab. Pemalang menghadapi Pemilu 2024, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat pun menanggapinya dengan memberikan jawaban yang jelas.


''Terhadap persiapan pemilu tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Pemalang telah menyediakan sarana dan prasarana, khususnya gedung untuk sekretariat panitia pemilihan kecamatan dan panitia pengawas kecamatan beserta personilnya, menyusun peraturan bupati tentang lokasi kampanye dan pemasangan alat peraga kampanye, membentuk tim pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pemilu 2024, melaksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula dan ormas, serta telah mengalokasikan anggaran melalui dana cadangan pilkada 2024 sebesar Empat Puluh Milyar Rupiah pada tahun anggaran 2022 dan 2023, juga akan menganggarkan kekurangan kebutuhan penyelenggaraan pemilu dalam APBD 2024,'' Tandas Mansur.


Sedangkan terkait Infrastruktur khususnya jalan, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengakui bahwa hal itu masih menjadi permasalahan prioritas yang perlu segera ditangani tiap tahunnya.


Seusai Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, membacakan jawaban Eksekutif atas pandangan umum fraksi, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana, menutup secara resmi rapat paripurna dan akan dilanjutkan pada agenda yang akan datang.


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar