res

Kenakan Busana Lampung, Plt. Bupati Pemalang Pimpin Upacara HUT RI ke-78 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

18 Agustus 2023

Kenakan Busana Lampung, Plt. Bupati Pemalang Pimpin Upacara HUT RI ke-78



Pemalang - Cakrawala Online, Ada yang sedikit berbeda pada pelaksanaan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun ini, salah satunya yakni: penampilan Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dan istrinya, Shanti Rosalia.


Kali ini, di HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 tahun, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama istri, Shanti Rosalia mengenakan busana daerah atau pakaian adat Lampung.


Dan hal ini membuat suasana upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 terasa sarat dengan nilai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.


Dengan memakai busana khas Lampung, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun, yang berlangsung di alun-alun Pemalang.


Seusai sirine berbunyi sebagai simbolisasi detik-detik Proklamasi, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat membacakan teks Proklamasi.


Dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, Tatang Kirana.


Kemudian setelahnya, dilakukan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag. Pemalang; Roziqun.


Dalam Amanat Upacara, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, membacakan naskah pidato Gubernur Jawa Tengah; Ganjar Pranowo.


Diantara hal yang dikemukakan dalam sambutan Gubernur Jateng; Ganjar Pranowo, yakni: diungkapkan bagaimana cara mensyukuri kemerdekaan.


''Yakni; bekerja dengan penuh Dedikasi dan Integritas yang tinggi,'' Ucap Ganjar dalam teks Amanat Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun yang disuarakan oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat.


Dalam naskah pidato, Gubernur Jawa Tengah; Ganjar Pranowo, juga menyebutkan capaian yang telah berhasil dilakukan pihaknya, yakni: Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia(IPM) dan Penurunan Angka Kemiskinan di Propinsi Jawa Tengah.


Pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun, yang di-ikuti peserta dari segala unsur masyarakat di Kabupaten Pemalang dan dihadiri Pj. Sekda; Moh. Sidik, jajaran Forkopimda, para kepala OPD, serta tamu undangan lainnya inipun dilakukan pemberian penghargaan ''Satya Lencana Karya Satya'' bagi ASN yang telah mengabdikan diri selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.


Masing-masing kurun waktu pengabdian diwakili oleh 3 orang ASN, yakni: untuk pengabdian selama 10 tahun oleh Samsul Rizal(Kasubag. Bina Program pada Dinperpusarda) yang mewakili 24 orang ASN lainnya, Pengabdian selama 20 tahun diberikan pada: Gunawan Wibisono(Sekretaris BAPPEDA) mewakili 16 ASN, dan Pengabdian 30 tahun, secara Simbolis disematkan lencananya oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, pada: Ni Wayan Asrini(Kadisdukcapil) yang mewakili 10 orang ASN lainnya termasuk: Hendro Susilo(Sekretaris Disdukcapil).


Setelah upacara selesai digelar, ditampilkan paduan suara(Obade).


Pada kesempatan itupula, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat didampingi istrinya; Shanti Rosalia, melantunkan lagu milik grup musik Dewa 19 yakni: Separuh Nafas.


Suasana semakin ''Gayeng'' dengan bergabungnya jajaran Forkopimda, para kepala OPD, dan unsur masyarakat, berdendang bersama Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama istrinya.


Lagu demi lagu terus dinyanyikan, termasuk lagu yang sempat Viral pada HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun lalu di Istana Merdeka yakni: ''Ojo Dibandingke'' pun diperdengarkan.


Pada sesi wawancara dengan wartawan, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, berharap pada masyarakat Pemalang untuk melakukan yang terbaik.


''Khusus untuk para ASN, bekerjalah dengan baik dan melayani masyarakat dengan Ikhlas,'' Tandas Mansur.


Saat ditanya Cakrawala Online terkait pakaian adat yang dikenakannya apakah ada alasan khusus memilih busana daerah Lampung, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengaku tidak ada alasan khusus.


''Karena ini memang Instruksi dari pemerintah(pusat) pada kepala daerah untuk mengenakan pakaian adat,'' Ujar Mansur.


''Dan dapatnya ini(Busana Lampung) ya pake ini,'' Timpal Shanti Rosalia, istri Mansur Hidayat.


Di sore harinya, Pemda. Pemalang menggelar upacara Penurunan Bendera Merah-Putih yang waktu paginya dikibarkan dalam upacara detik-detik Proklamasi.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara(Irup); Kapolres. Pemalang; AKBP. Yovan Fatika Handhiska Aprilaya.


Upacara Penurunan Bendera Republik Indonesia, dihadiri: Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, jajaran Forkopimda, Pj. Sekda; Moh. Sidik, para kepala OPD, dan undangan lainnya termasuk para istri pejabat.


Dalam upacara tersebut dilaksanakan ''Ikrar Pelajar'' oleh 3 pasang pelajar dari jenjang SD hingga SMA.


Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun, berlanjut pada malam hari yakni Resepsi.


*(Reporter: slametsbl)*



Tidak ada komentar:

Posting Komentar