res

Kontes ternak Se-NTB Dipusatkan di Dompu-tahun 2023 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

25 Agustus 2023

Kontes ternak Se-NTB Dipusatkan di Dompu-tahun 2023



DOMPU – Cakrawalaonline, Kontes ternak se-NTB, yang di pusatkan di lapangan transad Kecamatan Manggelewa Kab.Dompu NTB, yang diikuti oleh petani ternak se-pulau Sumbawa dan Lombok, Kamis 23/8/23.

Bupati Dompu H.Kader Jaelani atasnama Pemerintah dan pribadi dalam kata sambutan , merasa bangga dan apresiasi yang tinggi  kepada pemerintah Propinsi atas kegiatan kontestan yang  di lakukan di kab.Dompu .

Bupati mengharapkan agar giat kontes ini tetap diagendakan setiap tahun untuk mendorong dan suport kepada petani ternak semakin maju .

   Dengan adanya kontes ini bupati Dompu aplus dengan telah dilakukan sebagian program dan bangga dengan hasil  pasaran ternak sapi yang ada mencapai 300 - san kg, hingga 600-san/ ekor , hasil embrio atau kawin silang , bupati dapat memberikan semangat kepada peternak yang telah berhasil dan mendorong terus akan mewujudkan program jara pasaka tandasnya.



   Petani ternak di NTB khususnya pulau sumbawa yakni Dompu bima dan Sumbawa telah di apresiasikan oleh dirjen pertanian/peternakan memberikan kontribusi positif terhadap nilai ekspor semakin meningkat dan dapat bersaing dengan negara Singapura dan elmirat Arab. Dengan hasil peternak tersebut pemerintah masih menjanjikan untuk mendorong nilai eksport ,  pemerintah pusat melalui dirjen kementerian pertanian/peternakan apresiasi kepada pemerintah propinsi dan kabupaten Kota SE Nusa tenggara Barat khususnya kab.Dompu, yang menyelenggarakan kontestasi ternak.

   Dalam rangka mendorong dan semangat para peternak,  pemerintah telah melakukan penilaian yang sportifitas dan obyektifitas , adapun kategori kontestan dan sang  juara pada tahun 2023-sbb :

Kategori kelas : A

_ sonbiri kec.M.lelewa 719 kg

_ Edisuwandi kec.pekat 672 kg

_ Mulyadin Kec.Dompu 540 kg

Kategori B,:

_ Ahmad kec.Pekat 532 kg.

_ Suhendi kec.M.lewa 468 kg

_ Adhar kec.woja 430

Kategori C :

_ Harmoko Kec.Pajo 413 kg

_ Jamri M.lewa 418 kg

_ Mulyadi            214 kg

Kategori D :

_ Jumani kab.bima 257 kg

_ Salahudin Kec.kilo 231 kg

_ Sapa sufin Kec.Dompu 184 kg

Kategori lokal kelas A :

_ Rosliarfin 614 kg

_ Ahamid Doroncanga 589 kg

_ Hermansyah 542 kg.

Kategori B lokal :

_ Roci Dompu 446 kg

_ Sambo 375 kg

_ Yasin  M.lewa 265 kg

Kategori C lokal :

_ Sapri Dompu 376 kg

_ Usman Yasin - 246 kg

_ Ahmad Rifai woja 153 kg.



    Pada kegiatan kontestasi hewan ternak di lapangan transad desa Doromelo Kecamatan Manggelewa tampak hadir perwakilan Ditjen pertanian /peternakan ,  kepala dinas pertanian/peternakan propinsi NTB dan seluruh OPD propinsi NTB, Bupati Dompu H.Kader Jaelani , ketua DPRD H.Andi Bachtiar AMD.Par SH, Setda Dompu Gatot gunawan pp, dan seluruh forkopimda Dompu  , camat Manggelewa Syaiful Arif M.Pd, danramil 1614_06 M.lewa , Kapolsek Manggelewa Iptu Ramli SH, beserta anggota dan forkopimcam Manggelewa. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar