res

Upaya Pengentasan ATS, Dindikbud. Pemalang Gelar '' Gebyar PNF 2023'' - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

06 Agustus 2023

Upaya Pengentasan ATS, Dindikbud. Pemalang Gelar '' Gebyar PNF 2023''



Pemalang - Cakrawalaonline, Menurut Plt. Kadindikbud. Kabupaten Pemalang, Supa'at, salah satu upaya pihaknya dalam mengentaskan Anak Tidak Sekolah(ATS) di Kabupaten Pemalang yakni melalui penyelenggaraan ''Gebyar Pendididikan Non Formal(PNF) 2023'' yang digelar di alun-alun Pemalang yang berlangsung dari tanggal 5 Agustus - 6 Agustus 2023.


Lebih lanjut, Plt. Kadindikbud. Kabupaten Pemalang, Supa'at menjelaskan bahwa ''Gembyar PNF 2023'' ini bertema:''Belajar Tak Mengenal Usia''.


''Karena diharapkan semua orang yang pernah sekolah tapi karena suatu alasan putus sekolah, dapat melanjutkan kembali pendidikannya di Satuan Pendidikan Non Formal, tanpa batas usia,'' Ucap Supa'at.


Plt. Kadindikbud. Kabupaten Pemalang menyebutkan bahwa jumlah ATS di Kabupaten Pemalang sebanyak 34.000 orang.


''Oleh karenanya, tujuan dari 'Gebyar Pendidikan Non Formal' ini juga untuk mengenalkan pada masyarakat bahwa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang, ada yang namanya Satuan Pendidikan Non Formal(SPNF) yang bergerak di bidang Pendidikan Kesetaraan seperti: Kejar Paket A setara SD, Paket B setara SMP, dan Paket C setara SMA,'' Ungkap Supa'at sambil memberitahu bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru(PPDB) Pendidikan Kesetaraan tahun ajaran 2023-2024 masih dibuka pendaftarannya sampai tanggal 12 Agustus 2023.


Dalam laporannya, Plt. Kadindikbud. Kabupaten Pemalang, Supa'at, menyatakan bahwa ''Gebyar Pendidikan Non Formal 2023'' bertujuan pula memberikan Motivasi pada anak-anak dan masyarakat di Kabupaten Pemalang untuk  menuntaskan wajib belajar 12 tahun dengan peningkatkan Skill dan Ketrampilannya.


Sedangkan Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat mengingatkan pada para ASN, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kades, dan masyarakat untuk mengecek apakah ada ATS disekitar tempat tinggalnya.


''Pastikan disekitar rumah anda, tidak ada Anak Tidak Sekolah(ATS), jika ada, tanyakan kenapa tidak sekolah, dan kewajiban anda untuk membantu mereka agar bisa bersekolah kembali,'' Tandas Mansur sekaligus membuka secara resmi ''Gebyar Pendidikan Non Formal'' tahun 2023  ditandai dengan pemukulan Gong dan pelepasan balon ke udara.


Sebagai tambahan Informasi, menurut keterangan dari Plt. Kadindikbud. Kabupaten Pemalang, Supa'at, bahwa ada 22 Stand di ''Gebyar Pendidikan Non Formal 2023''.


Dan didalam ''Gebyar PNF 2023'' tersebut dilakukan Deklarasi Pengentasan ATS oleh para Lurah dan Kades sekabupaten Pemalang yang dipimpin Lurah Kebondalem, Yanuar.


Pada ''Gebyar PNF 2023'' juga ada pembagian 78 bendera Merah-Putih dan pemakaian rompi oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Ketua Tim Penggerak PKK; Shanti Rosalia, jajaran Forkopimda, dan Dua orang anggota DPRD Pemalang, yakni: Nuryani(PDIP) dan Ajeng Triyani(PKB).


''Gebyar Pendidikan Non Formal 2023'' juga dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya: Khaeron(Kepala DPMPTSP), Tri(Plt. Kadinpermasdes), dan Endro(Sekdindukcapil).


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar