res

Workshop Pemanfaatan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak digelar Mahasiswa KKN di Purworejo - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Sekda Taput IS mangkir pemeriksaan pertama kasus video mesum

11 Agustus 2023

Workshop Pemanfaatan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak digelar Mahasiswa KKN di Purworejo



PURWOREJO- Cakrawalaonline,M ahasiswa KKN PMM Kemendikbudristek dari Universitas Muhammadiyah Purworejo dan Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen, mengadakan workshop di Purworejo, Kamis 10 Agustus 2023.

Dr. Jeki Wibawanti selaku Ketua Tim KKN PMM Kemendibudristek mengungkapkan bahwa limbah-limbah pertanian yang ada di Desa Tersidilor seperti jerami padi, jerami kacang hijau, dedak padi, dedak kacang hijau dll selama ini belum digunakan secara maksimal. Oleh karena itu, pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak menjadi alternatif pemaksimalan potensi limbah pertanian untuk meningkatkan produktivitas ternak


Tema yang diangkat adalah Memberdayakan Petani Melalui Pengolahan Pakan Ternak dari Limbah Pertanian, di Desa Tersidilor Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. 


Para mahasiswa UM Purworejo tersebut berasal dari program studi Peternakan, Pendidikan Ekonomi dan Teknologi Informasi serta Program studi Peternakan Universitas Maarif Nahdlatul Ulama Kebumen. 

Workshop ini adalah bagian dari program kerja KKN PMM  untuk memberikan edukasi, manfaat serta dukungan kepada masyarakat di Desa Tersidilor dalam program pengolahan pakan dari limbah pertanian. Workshop dihadiri oleh peserta dari pemerintah desa setempat, kelompok tani, masyarakat umum, dan Ketua Bumdes.


Syamsul Arifin, sekertaris desa Tersidilor menyampaikan bahwa adanya program KKN PMM ini bisa mendukung, mengedukasi serta memberikan manfaat untuk masyarakat yang dapat diaplikasikan serta bisa berkelanjutan untuk memajukan desa terutama di Desa Tersidilor ini.

Miftah sebagai koordinator KKN PMM dari Program studi Peternakan UM Purworejo menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini diharapkan bisa mengembangkan dan mengedukasi masyarakat sekitar bahwa bahan-bahan yang ada di sekitar kita yang diprediksi tidak berguna kemudian bisa kita aplikasikan menjadi pakan yang bisa diberikan kepada hewan-hewan ternak yang kita punyai dirumah masing-masing.

Narasumber workshop Efrilia menyampaikan bahwa pakan merupakan salah satu komponen paling penting dalam usaha peternakan, dimana biaya yang dikeluarkan untuk pakan saja sekitar 60-70% dari total biaya maka dari itu  penggunaan limbah pertanian sebagai pakan alternatif sangat membantu para peternak.


Penggunaan limbah-limbah pertanian sebagai pakan ternak sebenarnya sudah banyak diterapkan, tetapi penggunaanya tidak dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Limbah pertanian memiliki keterbatasan diantaranya seperti kandungan nutrisi yg rendah dan serat kasar yg tinggi, sehingga meskipun ternak dalam keadaan kenyang namun kebutuhan nutrien dalam tubuh tidak terpenuhi, akibatnya ternak menjadi kurus.


Proses pengolahan pakan akan menurunkan serat kasar dan meningkatan protein limbah pertanian, sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh ternak. Pengolahan  yg dapat dilakukan untuk pakan ternak ruminansia yaitu silase, amoniasi, fermentasi, amofer, pakan komplit dll, sedangkan untuk unggas bisa dilakukan proses fermentasi.


 Bahan-bahan yang digunakan pun hanya dari sekitar tempat tinggal mulai dari  limbah pertanian seperti dedak padi, jagung, atau bisa alternatif lain ditambahkan sisa dari sayuran, kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan yang lainnya dekomposer  dan tetes tebu untuk proses fermentasi. (Budhy Sanjaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar