res

DPRD Pemalang Terima Kunjungan "Pelajar Pancasila" - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

13 September 2023

DPRD Pemalang Terima Kunjungan "Pelajar Pancasila"

 


Pemalang - Cakrawala Online, Rabu(13/9), DPRD Kabupaten Pemalang dikunjungi oleh ratusan pelajar dari SMPN 3 Taman.


Kedatangan para pelajar ini menurut Kepala SMPN 3 Taman; Priyatno, bahwa tujuan pihaknya ke DPRD Kabupaten Pemalang dalam rangka: ''Penguatan Profil Pelajar Pancasila'' yang telah masuk ke dalam kurikulum ''Merdeka Belajar'' yang digagas oleh Mendikbud. RI; Nadeem Makarim.


''Sehingga murid tahu DPRD Pemalang itu seperti apa, hal ini kami lakukan dalam rangka Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema 'Suara Demokrasi, sehingga nanti ''Panen Karyanya'' adalah Pemilihan Ketua OSIS,'' Ungkap Priyatno.


Rombongan dari SMPN 3 Taman ini diterima oleh Dua orang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pemalang, yakni: Ajeng Triyani(PKB) dan Khodori(PPP) di Bale Rakyat yang terletak di bagian paling depan dari gedung wakil rakyat tersebut.


Dalam pertemuan itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pemalang; Khodori, yang mendapat kesempatan Pertama, menerangkan hal-hal yang terkait dengan DPRD Pemalang.


''Seperti fungsi DPRD yaitu: Legislasi(membahas peraturan/perda), Budgeting(anggaran), dan Monitoring(Pengawasan),'' Ungkap Khodori dihadapan para pelajar yang hadir.


Khodori juga menyebutkan perihal tentang kelengkapan dewan, dari badan-badan yang ada di DPRD Kabupaten Pemalang hingga komisi dan fraksi.


Sedangkan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pemalang; Ajeng Triyani, menerangkan hal yang berkaitan dengan tema yang diusung pihak sekolah yakni: ''Suara Demokrasi''.


''Sesuai dengan tema yakni 'Suara Demokrasi' nanti dapat dipraktekan saat pemilihan ketua OSIS,'' Ujar Ajeng sambil berpesan agar pada waktu kampanye pemilihan ketua OSIS, jangan saling menjatuhkan atau menjelekan antar calon.


''Berdemokrasilah yang baik,'' Tutur Ajeng.


Diakhir acara, pihak SMPN 3 Taman memberikan Cinderamata pada pihak DPRD Kabupaten Pemalang berupa Plakat dan diterima oleh Wakil Ketua II; Khodori, dilanjutkan dengan foto bersama.


Dalam kunjungan itu, para pelajar berkesempatan masuk dan melihat-lihat ruang paripurna yang biasa digunakan untuk menggelar rapat paripurna.


Seusai acara, saat dimintai tanggapannya mengenai kegiatan tersebut, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pemalang; Khodori, menyatakan sangat mengapresiasi.


''Saya berterima kasih pada kemendikbud yang telah memasukan Program Profil Pelajar Pancasila ke dalam kurikulum, sehingga seperti sekarang ini, para siswa dan siswi bisa melihat langsung dan tahu seperti apa DPRD Pemalang bukan sekedar teori tapi praktek juga,'' Tandas Khodori.


Ketika ditanya, sudah berapa sekolah yang datang ke DPRD Kabupaten Pemalang, Wakil Ketua II; Khodori, menjawab:''sudah Empat sekolah yang datang kesini , termasuk yang sekarang yang hadir hari ini,'' Pungkas Khodori.


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar