res

Dampak Kekeringan Kian Meluas, Anggaran Kekeringan di Jepara Habis - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

13 September 2023

Dampak Kekeringan Kian Meluas, Anggaran Kekeringan di Jepara Habis



JEPARA – Cakrawalaonline, Status kekeringan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, naik menjadi tanggap darurat. Namun di sisi lain, anggaran rutin untuk penanganan bencana kekeringan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara habis.
 
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, mengatakan anggaran rutin tahun 2023 ini hanya Rp18 juta. Anggaran itu sudah habis untuk memenuhi kebutuhan suplai air bersih ke Desa Clering dan Sumberrejo Kecamatan Donorojo.
 
"Anggaran rutin Rp18 juta habis untuk droping ke wilayah utara. Saat ini kita ajukan lewat anggaran BTT (Biaya Tak Terduga)," ujar Arwin, Senin, 11 September 2023.

Selain masalah anggaran, penanganan kekeringan juga terkendala armada. Saat ini hanya ada dua truk tangki. BPBD Kabupaten Jepara sudah mengajukan surat permohonan bantuan dua armada truk tangki kepada Balai Pasar dan Permukiman Provinsi Jawa Tengah.

"Kalau ada empat armada, seluruh wilayah Jepara bisa kami cover," kata Arwin.
 
Pengajuan dua armada itu bertujuan mengantisipasi kondisi kekeringan di Jepara jika semakin parah nantinya. Sebab, pihaknya memprediksi jumlah desa yang mengalami kekeringan semakin bertambah.
 
Saat ini, sudah ada sembilan desa yang dilaporkan krisis air bersih. Yaitu Desa Ujungpandan, Gerdu, Kaliombo, Tedunan, Karangaji dan Kedungmalang, Bategede, Clering dan Sumberrejo. Cl – Sumber : Medcom.id

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar