res

Aksi Nyata P5 Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Temanggung - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

28 Oktober 2023

Aksi Nyata P5 Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Temanggung



Temanggung-Cakrawalaonline,  Proses pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya diarahkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik tetapi juga memberikan keterampilan tambahan kepada peserta didik, salah satunya menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 


Hal ini seperti yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Provinsi Jawa Tengah yang bekerja sama dengan pemerintah Desa Muncar Gemawang melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema 2 Kewirausahaan dengan Sub Tema Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023.

Dimensi yang ditanamkan dalam kegiatan P5 tema kewirausahaan ini adalah gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. 


Sejumlah 203 Peserta dilatih di bagi menjadi 10 kelompok dengan didampingi oleh 2 orang fasilitator dan pendamping dari tim desa, berkeliling mengunjungi lokasi UMKM daerah setempat. Adapun UMKM yang kami kunjungi adalah Gula semut, emping melinjo, sapu ijuk, batik, dan kopi.

Sebelum mengunjungi UMKM di desa Muncar Gemawang, seluruh peserta didik sudah mendapatkan pembekalan dan arahan dari fasilitator terkait materi dasar-dasar kewirausahaan. 


Selain bekerja sama dengan pemerintahan desa Muncar Gemawang, SMA Muhammadiyah 1 Temanggung juga melibatkan beberapa perwakilan orang tua peserta didik untuk ikut serta dalam kegiatan aksi nyata P5. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengawas SMA dari Cabang dinas Wilayah VIII Magelang yaitu Ibu Puji handayani M.Pd.

Beliau ikut mengunjungi Pos UMKM dan mengikuti praktik pembuatan gula semut dan emping mlinjo.

“Teruslah menjadi generasi penerus bangsa yang berjiwa wirausaha” memotivasi seluruh peserta didik kelas X.


Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Temanggung , Ibu Eni Nur Rofi'ah, S.Pd., MM mengungkapkan bahwa, melalui kewirausahaan Projek P5 ini dengan mengunjungi UMKM lokal maka seluruh peserta didik akan dapat mempelajari proses dari bahan mentah, pengolahan, proses pengemasan, sampai dengan pemasaran. Mereka juga akan belajar bagaimana mempromosikan produk yang sudah dibuat, dengan membuat desain promosi yang akan mereka unggah ke media sosial. Melalui proses ini secara otomatis akan menumbuhkan pemikiran masa depan, bagaimana menjadi seorang pengusaha yang sukses di masa mendatang dengan mengembangkan produk lokal di daerah masing-masing. 


Selain itu melalui tema Kewirausahaan peserta didik akan mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal, masalah yang muncul dalam pengembangan potensi tersebut, dan kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Kewirausahaan tidak hanya penting bagi orang dewasa tetapi juga harus dan perlu dipersiapkan sedini mungkin untuk dijadikan bekal ketika kelak dewasa. 


Sedangkan menurut Waka Kurikulum Ibu Santi Fira Novia, S.Pd. jiwa kewirausahaan ini diberikan sejak dini untuk menciptakan wirausahawan muda yang kreatif dan mampu berinovasi untuk membaca peluang bisnis yang menjanjikan. Peserta didik diberikan bekal keterampilan berwirausaha sejak dini sehingga mental peserta didik dalam melakukan wirausaha sudah terpatri sejak awal. Mereka akan memiliki kesiapan dalam mengahadapi hambatan dan kegagalan dalam berwirausaha. 


“Dengan kegiatan P5 ini, kami berharap lulusan SMA Muhammadiyah 1 Temanggung tidak hanya memiliki prestasi akademik yang unggul, tetapi juga mempunyai kreativitas kewirausahaan dalam menghadapi tantangan masa depan yang kuat,” jelasnya.


Kegiatan aksi nyata P5 ini disambut bahagia dan antusias oleh seluruh peserta didik, mereka mengaku senang karena dengan adanya kegiatan ini, selain melatih jiwa berwirausaha, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan sikap kewirausahaan dan ekonomi kreatif. (ariesta TMG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar