res

Dandim 1614/Dompu dan Ketua Komisi I DPRD Dompu Tinjau lahan reboisasi - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

20 November 2023

Dandim 1614/Dompu dan Ketua Komisi I DPRD Dompu Tinjau lahan reboisasi


Dompu cakrawala online,! Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M bersama Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Dompu Ir. Muttakun, Senin (20/11/2023) meninjau lahan yang akan dihibahkan oleh Pemda Dompu kepada Kodim 1614/Dompu untuk kegiatan reboisasi.

Lahan tersebut berlokasi di Jalan Lintas Karamabura - O'o Dompu. Hadir pula M. Syafi'i.pemilik lahan.

Dandim menjelaskan di atas lahan tersebut akan dilakukan penanaman bibit indigofera zollingeriana untuk pakan ternak bergizi tinggi.

"Ketika tanaman ini berhasil kita kembangkan harapannya tidak ada lagi petani ternak yang rebutan lahan. Di samping itu juga agar merubah pola pikir masyarakat kita agar tidak lagi melepas ternaknya secara liar," jelas Dandim.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Dompu, Muttakun mengemukakan rencana program Dandim 1614/Dompu untuk penanaman indigofera ini patut didukung dan diapresiasi sebagai bentuk pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan SDM masyarakat.

Di sisi lain dengan adanya pengembangan indigofera sebagai pakan ternak, akan memberikan kemudahan bagi para petani ternak dalam mendapatkan pakan ternak yang baik.

"Bisa juga nanti di sini dijadikan kawasan wisata sehingga anak-anak pelajar atau pramuka bisa ke sini untuk berwisata karena di sini sejuk dengan pemandangan yang indah sambil belajar cara pengembangan bibit indigofera sehingga bisa tersebar di mana-mana. Kalau di lahan ini nanti bisa juga ditanam tanaman pangan kalau ada pelatihan ibu-ibu atau warga masyarakat pembuatan sirup saya sediakan teknologinya," kata Muttakun.

Menurut Muttakun, lokasi tersebut strategis untuk tempat pendidikan sekaligus sarana refreshing buat pengunjung.

"Suatu saat ada ruang untuk nobar film pendidikan mental untuk anak-anak juga bisa di sini," ucapnya. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar