res

Dandim 1614/Dompu Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (KORPRI) Ke 52 Tingkat Kabupaten Dompu Ta 2023 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

29 November 2023

Dandim 1614/Dompu Hadiri Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (KORPRI) Ke 52 Tingkat Kabupaten Dompu Ta 2023


NTB-Dompu, Guna memeriahkan dalam perayaan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional KORPRI Ke 52 di Kabupaten Dompu tahun 2023, Komandan Kodim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, yang di dampingi oleh Pasiopsdim, Kapten Inf Adisan, turut hadir dalam pelaksanaannya.

Dalam perayaan tahun ini mengusung tema (Serentak Bergerak Rayakan Merdeka Belajar). Perayaan tersebut di selenggarakan terpusat di Lapangan Beringin Kantor Bupati Dompu, Pada hari Rabu (29-11-2023).

Hadir dalam kegiatan perayaan ini sejumlah tokoh dan pejabat Muspika seperti : Wakil Bupati Dompu, H.Syahrul Parsan,ST., MT, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Sekda Kab Dompu Gatot Gunawan PP, SKM., M.Kes, Kapolres Dompu Diwakili Kabag SDM AKP Adhar, S., Sos, Ketua DPRD Kab Dompu, H. Andi Bahtiar And., Par, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Dompu Marlambson Carel Williams S.H MH, Para Pimpinan OPD Kabupaten Dompu dan Para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA Sekabupaten Dompu.

Usai Pengibaran Sangsaka Merah Putih, Pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara, Pembacaan naskah  UUD 1945, Pengucapan Korps Panca Prasetia Korpri dan Ikrar Guru Indonesia serta Menyanyikan Lagu yang berjudul Terimakasih Guruku. 


Amanat Wakil Bupati Dompu, Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan Hari Guru Nasional, hal ini membuat saya merasa sedih, karena saya pasti akan rindu bertemu dengan Ibu dan Bapak semua. Tapi di balik itu, tersimpan rasa yakin dan optimis yang sangat kuat dalam benak saya.

Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar, Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lalu di tahun berikutnya, kita meluncurkan Kurikulum Merdeka. Jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, karena tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid.

Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.


Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.


Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.


Bapak dan Ibu guru sekalian yang saya hormati, Semua ini membuat saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar , (Selamat Hari Guru Nasional).


Usai Amanat, Menyanyikan Himne Guru Dan Himne Abdi Praja dan Pembacaan Do'a.


Dalam pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Guru Nasional KORPRI Tahun 2023 dilaksanakan untuk mengenang pengorbanan para Guru Masa Lalu dan Masa Kini Serta mengingat kembali semangat para Guru agar dapat dijadikan contoh serta inspirasi bagi generasi muda demi memajukan Bangsa dan Negara yang Kita Cintai.

Jadikan Hari Guru Nasional Tahun 2023 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan Bagi Guru Masa Kini yang dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar Serta Semua Elemen Masyarakat Indonesia.

Di harapkan kepada para Guru lingkup kabupaten Dompu agar memberikan contoh dan dapat menunjukkan jiwa kedisiplinan kepada pemerintah Daerah dan para Pelajar Kabupaten Dompu sehingga menjadi tauladan bagi generasi Muda kedepannya.

Dalam Upacara Peringatan Hari Guru Nasional KORPRI ke 52 Tingkat Kabupaten Dompu,

Mengapresiasi kerja keras para guru yang telah berdedikasi tinggi dalam menghadapi berbagai tantangan. Transformasi guru sebagai agen perubahan harus terus diperkuat, dan dukungan semua pihak sangat dibutuhkan.

Hari Guru Nasional KORPRI ke 52 Tingkat Kabupaten Dompu

di tahun 2023 ini menjadi momen yang istimewa, sekaligus mengingatkan kita akan peran strategis para pendidik dalam membentuk karakter dan masa depan generasi penerus bangsa. 

Peringatan Hari Guru Nasional ini juga tidak hanya sebagai momen penghormatan kepada para pendidik, tetapi juga sebagai momentum untuk bersama-sama menciptakan transformasi dalam dunia pendidikan demi mewujudkan Indonesia Maju. Semangat Merdeka Belajar pun terus ditingkatkan untuk memberikan dampak positif dalam pembelajaran dan pengembangan potensi siswa.(Zu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar