res

Gunung Semeru Jatim Erupsi, Keluarkan Awan Panas dengan Jarak 1000 meter - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

09 November 2023

Gunung Semeru Jatim Erupsi, Keluarkan Awan Panas dengan Jarak 1000 meter

 


LUMAJANG - Cakrawalaonline, Gunung Semeru mengalami erupsi hingga muntahkan awan panas setinggi 1000 meter dari atas puncak hari ini Rabu (8/11).

Erupsi Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 10.53.

Hal itu diungkapkan petugas PVMBG, Ghufron Alwi dalam keterangannya.

Ia mengatakan saat ini Gunung Semeru berada di Level III (Siaga).

Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 700 meter berwarna putih, kelabu, hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah selatan dan barat daya.

"Saat ini Gunung Semeru berada pada Status Level III (Siaga) dengan beberapa rekomendasi," katanya.

Warga di sekitar juga dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak.

"Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi)," tegasnya.

Selain itu masyarakat juga perlu mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

"Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar)," tambahnya.

Dia mengimbau warga tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu. Cl - Sumber : Radar Kudus

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar