res

Hasil Survey Elektabilitas Capres - Cawapres Berbagai Sumber Bulan November - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

21 November 2023

Hasil Survey Elektabilitas Capres - Cawapres Berbagai Sumber Bulan November

 


JAKARTA – Cakrawalaonline, Empat lembaga survei memotret elektabilitas ketiga paslon tiga bulan jelang gawe Pilpres 2024.  Survei ini dirilis sepekan terakhir.

Hasilnya mayoritas menempatkan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mampu unggul dari paslon lainnya.

Namun ternyata ada juga yang memenangkan Ganjar - Mahfud MD. Sedang Anies - Cak Imin cenderung tak ada perbedaan antara satu survei dengan hasil survei lainnya.

2. Survei IPO

Dirilis hari ini, Senin (20/11/2023), hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menyebutkan bahwa calon presiden Prabowo Subianto berhasil memimpin dalam skema pilihan tiga nama calon presiden lainnya dengan tingkat keterpilihan mencapai 37,5 persen.

"Ketika nama itu dikhususkan hanya capresnya saja, Prabowo Subianto berada di posisi teratas 37,5 persen," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah saat rilis survei opini publik terkait dengan peta politik koalisi dan arah pemilih muda pada Pemilu 2024 di Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Yang cukup mengejutkan, di peringkat kedua, Dedi menyebutkan nama capres Anies Baswedan dengan dukungan mencapai 32,7 persen.

Posisi ketiga capres Ganjar Pranowo dengan dukungan sebesar 28,3 persen.

Dalam skema head to head antara Prabowo dan Anies Baswedan, catatan IPO menunjukkan Prabowo memperoleh dukungan sebesar 52,1 persen, sedangkan Anies mendapatkan 46,0 persen.

Dalam skema serupa, ketika Prabowo Subianto berhadapan dengan Ganjar Pranowo, Prabowo akan memperoleh dukungan sebesar 51,7 persen, sedangkan Ganjar Pranowo mendapatkan 39,8 persen.

3. Survei LPI

Elektabilitas pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka usai putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Hal tersebut tergambar dalam hasil survei yang dilakukan Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) pada periode 9 November 2023 hingga 13 November 2023.

"Elektabilitas pasangan pasangan Ganjar-Mahfud 38,75 persen, Prabowo-Gibran 34,25 persen dan Anies-Muhaimin 24,00 persen. Sedangkan yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab adalah 3,00 persen," kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan, Kamis (17/11/2023).

Dalam surveinya, lembaga tersebut memotret juga tanggapan publik terhadap putusan MKMK yang menyidangkan keputusan kontroversial Hakim MK yang meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres).

* Anies-Muhaimin: 24,00 persen

* Prabowo-Gibran: 34,25 persen

* Ganjar-Mahfud: 38,75 persen

* Tidak tahu/tidak menjawab: 3,00 persen

* Periode survei: 9-13 November 2023

* Jumlah responden survei: 1.300 responden

* Margin of error: 2,83 persen

* Tingkat kepercayaan: 95 persen

* Teknik survei: Multistage Random Sampling

4. Survei PWS

Lembaga survei Political Weather Station (PWS) merilis simulasi head to head pasangan capres. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 52,1 persen dari Ganjar Pranowo-Mahfud Md 41,5 persen.

Survei dilakukan pada 1 hingga 8 November 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka.

Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun dan atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,83 Cl – Sumber : Tribun Jateng

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar