res

Stasiun TV Penyelenggara Debat Buka Suara Soal 3 Microphone Gibran - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

26 Desember 2023

Stasiun TV Penyelenggara Debat Buka Suara Soal 3 Microphone Gibran

 

Bali – Cakrawalaonline,  Polemik 3 mikrofon yang digunakan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menjadi sorotan publik setelah disentil Roy Suryo. Stasiun TV penyelenggara debat cawapres memastikan tidak memberikan keistimewaan bagi salah satu peserta debat.

"Konsorsium penyelenggara yang terdiri dari Transmedia, KompasTV, dan BTV tidak memberikan keistimewaan/preferensi perlakuan pada calon mana pun," bunyi keterangan stasiun TV penyelenggara yang dibagikan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Senin (25/12/2023), seperti dikutip dari detikNews.

Stasiun TV penyelenggara menyebut ketiga cawapres memang mengenakan 3 mikrofon. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi jika ada salah satu mikrofon yang tidak menyala.

"Pemakaian tiga lapis devices ini juga telah menjadi standar yang makin banyak dipakai penyelenggara siaran live event prominen sebagai bentuk kewaspadaan bilamana terjadi malfungsi alat saat acara berlangsung," jelasnya.

Adapun, 3 lapis mikrofon yang dimaksud, antara lain: pertama, mikrofon skin tone countryman yang menempel di pipi melalui cantolan telinga dan kabelnya melingkar di belakang leher peserta serta transmitter bodypack yang dipasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta.

Kedua, clip-on bodypack yang menempel di baju, juga dengan transmitter bodypack yang dipasang di celana atau pinggang bagian belakang atau saku celana peserta. Ketiga, mikrofon tangan WHM (wireless handheld microphone) diletakkan di tiap podium peserta.

Mereka juga menjelaskan bahwa pada saat pelaksanaan debat berlangsung, clip-on mic milik cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat terlepas. Hal itu diduga karena Cak Imin mengalungkan sarung di lehernya.

Meski begitu, kualitas suara Cak Imin masih tetap terdengar, lantaran adanya dua cadangan mikrofon lainnya. "Ketiga tim peserta memahami dan menyepakati seluruh detil pengaturan event yang telah didiskusikan berkali-kali secara maraton dengan konsorsium penyelenggara," tuturnya.

Stasiun TV penyelenggara memastikan debat kedua Pilpres 2024 itu dilaksanakan terbuka sesuai arahan dari KPU. Mereka menyebut debat tersebut terselenggara setelah berdiskusi panjang dengan tim pasangan calon, mulai dari materi debat hingga jenis mikrofon yang digunakan.

"Prinsip utama yang dimintakan KPU adalah kesetaraan dan keadilan bagi seluruh peserta, untuk memastikan pesan dalam debat sampai pada publik dengan cara sebaik-baiknya. Ini termasuk jatah waktu penyampaian, jumlah tim pendukung, sampai dengan tone dan volume mikrofon," paparnya.

Sebelumnya, Roy Suryo menyinggung Gibran Rakabuming Raka melalui cuitannya melalui akun X-nya. Roy menyebut putra sulung Joko Widodo (Jokowi) itu mengenakan 3 alat saat debat cawapres.

Dalam cuitan tersebut, Roy Suryo meminta KPU untuk berlaku adil kepada semua peserta debat. "Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil. Kenapa si nomor 2 ini sampai gunakan 3 (tiga) mic sekaligus: 1. Clip-on, 2. Hand-held & 3. Head-set? Apa gunanya juga ada Earphone ? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa 2 calon yang lain beda? Ambyar," tulis Roy Suryo. Cl – Sumber : Detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar