res

Upacara PHI ke-95, Bupati:''Alami KDRT?Lapor!'' - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna ''Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban''

22 Desember 2023

Upacara PHI ke-95, Bupati:''Alami KDRT?Lapor!''

 


Pemalang - Cakrawala Online, Memperingati Hari Ibu yang ke-95 tahun, Pemda. Pemalang, Jum'at(22/12), menggelar Upacara Bendera di halaman Pendopo.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang; Shanti Rosalia, bertindak sebagai Inspektur Upacara(Irup).


Upacara PHI ke-95 ini, juga dihadiri Sekda: Heriyanto, Kepala Dinsos,PP, dan KB; Mukminun(selaku Leading Sector), para kepala/plt. OPD,Camat, dan undangan lainnya serta perwakilan dari sejumlah organisasi/elemen perempuan menjadi peserta upacara dengan mengenakan busana kebaya.


Dalam Amanat upacaranya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Bintang Puspa Yoga, yang dibacakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang;Shanti Rosalia, menjelaskan bahwa Peringatan Hari Ibu, tidak sama dengan ''Mother Day'' karena PHI didasari momentum bersejarah.


''Yakni: adanya Konggres Perempuan Pertama di Yogyakarta pada tanggal 22 Desember 1928,'' Ungkap Menteri PP dan PA, yang sambutannya disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang; Shanti Rosalia.


Lebih lanjut, Menteri PP dan PA; Bintang Puspa Yoga dalam naskah pidatonya yang disuarakan Ketua Tim Penggerak PKK Pemalang; Shanti Rosalia, menginformasikan bahwa PHI dilaksanakan berdasarkan Keppres. RI Nomor 316 tahun 1959, dimana Presiden Sukarno menetapkan PHI sebagai hari nasional namun bukan hari libur.


Tema PHI tahun 2023 yaitu: ''Perempuan Berdaya, Indonesia Maju''.


Menurut Menteri PP dan PA; Bintang Puspa Yoga, tema tersebut dilatarbelakangi sejumlah hal.


''Diantaranya: masih adanya kekerasan terhadap perempuan, Kesenjangan antara perempuan dengan pria, dan masih sedikitnya jumlah keterwakilan perempuan, sehingga diperlukan Sinergitas agar keterlibatan dan peran perempuan dalam pembangunan semakin meningkat atau berdaya terutama untuk menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045,'' Tandas Bintang melalui Shanti Rosalia.


Selain itu, Menteri PP dan PA; Bintang Puspa Yoga dalam teks yang diucapkan Ketua Tim Penggerak PKK; Shanti Rosalia, berharap supaya para perempuan mampu menjadi ''Agent of Change'' atau Agen Perubahan.


Saat dimintai tanggapannya, Bupati Pemalang; Mansur Hidayat mengucapkan selamat hari ibu yang ke-95 tahun.


''Dan saya berharap, perempuan dapat ikut serta membangun bangsa dan berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Pemalang.


''Dan tak lupa saya berpesan, lindungi dan sayangi perempuan, jika mengalami KDRT, nggak usah takut untuk melapor, bisa lapor ke saya atau dinsos, atau aparat pemerintah lainnya, yang jelas, saya berada paling depan untuk melindungi perempuan,'' Pungkas Mansur.


Dalam kesempatan PHI ke-95 ini, selain menyerahkan hadiah pada para pemenang lomba, Bupati Pemalang; Mansur Hidayat pun memberikan seikat bunga pada istri tercinta sekaligus sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang; Shanti Rosalia yang nampak tak kuasa menahan haru namun bahagia, kemudian mencium tangan suaminya yang juga Bupati Pemalang; Mansur Hidayat, yang membalasnya dengan ciuman di kening istrinya.


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar