res

Beberapa Hari Lagi Pemilu Dilaksanakan. KPUD Grobogan Gelar Rakor Penyusunan Jadwal Kampanye... - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Balap Liar Ugal-ugalan Di Area Bendung Kletak Diangkut Petugas

21 Januari 2024

Beberapa Hari Lagi Pemilu Dilaksanakan. KPUD Grobogan Gelar Rakor Penyusunan Jadwal Kampanye...



Grobogan-Cakrawalaonline, Sebagai awal pelaksanaan kampanye terbuka, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten menggelar rapat koordinasi penyusunan jadwal kampanye rapat umum Pemilu 2024 bertempat di Hotel 21 Purwodadi, kemaren Sabtu (20/1).


Rakor dibuka oleh Komisioner KPU Divisi Hukum Saefudin mewakili Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo yang sedang bertugas ke Jakarta, sedangkan pimpinan rakor oleh Divisi Sosdiklih SDM KPU Grobogan Ngatiman SE.




Selain itu hadir juga Kepala Badan Kesbangpol Grobogan Daru Wisakti, Kasat intelkam Polres Grobogan AKP Joko Susilo, Pasi intel Kodim Purwodadi Kapt. Warsidi, Kadishub, Ketua Divisi Sosial, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Grobogan Ngatiman, SE. Chaerul dari Bawaslu Grobogan, Satpol PP, para pimpinan parpol peserta Pemilu 2024 dan ketiga Tim kampanye paslon Capres/Cawapres tingkat Kabupaten Grobogan.


Dalam sambutannya yang dibacakan Divisi Hukum Saefudin, Ketua KPU Grobogan mengatakan berdasarkan PKPU nomor 15 tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024, dimana pelaksanaan kampanye terbuka akan dimulai tanggal 21 Januari 2024 ( hari ini) hingga 10 Pebruari 2024 dengan didahului dengan rapat koordinasi. KPU berharap pelaksanaan kampanye dengan metode rapat umum ini akan berjalan aman dan lancar.


Sementara itu Kepala Divisi Sosdiklih Parmas SDM Ngatiman, SE selaku pimpinan rakor menjelaskan sesuai regulasi PKPU nomor 15 tahun 2023 pasal 49 bahwa KPU Kabupaten Grobogan menyusun jadwal kampanye setelah mendengar masuksn dari parpol, PKPU no. 20, Keputusan KPU no. 621, dan Keputusan KPU no. 78 tentang jadwal kampanye terbuka Pemily 24, dan Keputusan KPU Grobogan no. 352 tahun 2023 maka sebagai tindak lanjutnya kampanye terbuka dilaksanakan selama 21 hari.


Ngatiman menyebut kampanye terbuka di Indonesia terbagi menjadi tiga zona yakni zona A, zona B dan zona C. Jateng masuk zona B.



Berdasarkan kesepakatan parpol peserta Pemilu pada tanggal 14 Januari kemaren untuk Kampanye rapat umun parpol pengusung Paslon Capres Cawapres nomor 1 adalah PKB, Nasdem, PKS, parpol pengusung paslon 2 adalah Gerindra, Golkar, Garda Republik Indonesia, PAN, PBB, Demokrat, PSI, dan parpol pengusung paslon 3 adalah PDIP, Hanura, Perindo, PPP, sedangkan parpol non pengusung adalah partai Buruh, partai Gelora, Partai Kebangkitan nusantara, dan partai ummat.


Namun demikian, lanjut Ngatiman, sesuai kesepakatan KPU RI 14 Januari, partai Gelora mengusung paslon 02, partai ummat mengusung paslon 01, sedangkan partai Buruh dan Kebangkitan Nusantara melaksanakan kampanye tanpa zona.



Kemudian berdasarkan PKPU nomor 78 , kampanye rapat umum di zona B yang dilaksanakan di lapangan, stadion adalah tanggal 21 Januari hingga 10 Pebruari 2024. dimana tgl 21 Januari 2024 untuk parpol pengusung paslon 01, tgl 22 Januari untuk parpol pengusung paslon 02 dan tanggal 23 Januari untuk parpol pengusung paslon 03, demikian seterusnya hingga 10 Pebruari 2024.


Namun, khusus pada tanggal 8, 9,10 Pebruari 2024 dimana tim kampanye capres paslon 03 di Jateng, paslon 01 tidak melaksanakan kampanye di Jateng..”Jadi pada tanggall 8 Pebruati digunakan kampanye untuk paslon 02, tanggal 9 untuk paslon 03.


Terkait waktu pelaksanaan kampanye dengan rapat umum Ngatiman menyebut, kampanye dimulai pukul 9.00 hingga 18. 00 WIB dg menghormati ibadah waktu setempat, meski ada 2 hari besar keagamaan, kampanye tetap berjalan.


Sedangkan tempat pelaksanaan kampanye terbuka atau rapat umum sesuai Kep KPU no 352 th 2023 adalah sebanyak 34 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Grobogan.


Ngatiman berharap kepada para ketua pelaksana kampanye paslon capres cawapres, dan parpol bisa menjaga hubungan antar lembaga, serta kondusifitas.



“Patuhi ketentuan peraturan yang ada, misal kalau kendaraan roda dua jangan memakai knalpot brong. Kami berharap Grobogan bisa memberikan tauladan terbaik terkait kampanye terbuka ini dan edukasi terbaik untuk pemilih” pungkasnya.


Sementara itu Kapolres Grobogan yang diwakili Kasatintel AKP Joko Susilo meminta kepada parpol pengusung paslon capres/cawapres agar tetap menjaga keamanan masing masing, patuhi aturan lalu lintas bagi pemotor tidak boleh pakai knalpot brong, pasti akan ditindak, serta bisa memelihara situasi kondusif. Hal yang sama juga disampaikan Pasi Intel Kodim Purwodadi Kapt Warsidi.



Sedangkan Sahirul dari Bawaslu Grobogan mengingatkan adanya tindakan pidana peserta kampanye khususnya rapat umum diluar jadwal bisa kena hukuman dengan denda dan kurungan maksimal 12 bulan. Untuk itu potensi sengketa antar peserta kampanye harus dihindari bersama dengan mentaati semua kesepatan yang dibuat.


Pada kesempatan ini pula, para pimpinan parpol pengusung paslon Capres/cawapres tingkat Kabupaten Grobogan menandatangani berita acara jadwal kampanye rapat umum.



Rakor selesai dan ditutup oleh Kepala Divisi Sosdiklih Parnas SDM Ngatiman, SE dengan pantun ” Ikan gabus bawa bendera, mari kampanye yang bagus, karena kita adalah saudara”. Ng



Tidak ada komentar:

Posting Komentar