res

Ramai Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies Gara-Gara Data Ngawur, Begini Faktanya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

24 Januari 2024

Ramai Rekaman Suara Surya Paloh Marahi Anies Gara-Gara Data Ngawur, Begini Faktanya


Yogyakarta – Cakrawalaonline, Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan meminta masyarakat kritis usai muncul hoaks mengenai video rekaman suara yang menarasikan dirinya tengah dimarahi oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Kita harus kritis aja," kata Anies di Lapangan Jambidan, Banguntapan, Bantul, DIY, Selasa (23/1).

Anies melihat kemajuan teknologi kerap kali disalahgunakan. Ia mencontohkan kemampuan artificial intelligence atau kecerdasan buatan macam deep fake yang mampu memanipulasi gambar, audio, dan video secara meyakinkan.

"Itu sudah ketika pilpres di Amerika sudah ada. Kita sebagai masyarakat harus kritis, sehingga kalau ada informasi yang datang dicek kebenarannya," pesan Anies.

Anies turut berpesan di masa Pilpres 2024 ini masyarakat agar tak mudah termakan atau bahkan memproduksi berita bohong, lebih-lebih untuk kepentingan kampanye.

"Gunakanlah kampanye yang baik, yang sesuai prinsip. Jangan menggunakan pembohongan-pembohongan untuk berkampanye," kata capres pasangan cawapres Muhaimmin Iskandar (Cak Imin) itu.

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Bakhtiar Ahmad Sibarani memastikan jika rekaman suara antara Anies dan Surya Paloh itu hoaks. Dia menduga, video itu dibuat oleh pihak-pihak yang tidak suka dengan keduanya.

"Ini kita duga dibuat oleh orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk menang. Orang-orang yang tidak yakin yang didukungnya akan menang. Karena melihat saat ini dukungan ke Anies dan NasDem tidak terbendung lagi," kata Bakhtiar kepada wartawan di Medan, Selasa (23/1).

Menurut Bakhtiar beredarnya video hoaks ini harusnya tidak terjadi karena tujuannya hanya untuk menjatuhkan Anies Baswedan. Dia mengingatkan agar masyarakat berpikir untuk kepentingan bangsa.

"Aksi ini sangat memalukan hanya demi menjatuhkan Pak Anies. Siapapun yang membuat itu, kita minta hentikan. Berpikir lah tentang kepentingan bangsa dengan tidak menyebar hoaks. Sekali lagi saya pastikan tidak pernah ada pembicaraan seperti itu," kata Jubir Timnas AMIN ini.

Diketahui, salah satu akun media sosial membagikan video rekaman suara yang menarasikan Surya Paloh tengah memarahi Anies Baswedan. Dalam video itu suara yang disebut sebut milik Surya Paloh menegur Anies karena hasil survei Pilpres 2024 selalu berada di urutan bawah. Cl – Sumber : CNN Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar