res

PCM Kaliwiro Kolaborasi Asosiasi Aren Nusantara Hijaukan Lahan Kritis Dengan 2.000 Pohon Aren - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Balap Liar Ugal-ugalan Di Area Bendung Kletak Diangkut Petugas

24 Januari 2024

PCM Kaliwiro Kolaborasi Asosiasi Aren Nusantara Hijaukan Lahan Kritis Dengan 2.000 Pohon Aren



Wonosobo-Cakrawalaonline, Ketua PDM Wonosobo, Bambang Wen, menyatakan kebanggaannya terhadap program konservasi alam dan mengakui manfaat ekologis dan ekonomis pohon aren. Hal itu diungkapkan saat tabligh akbar dan tanam pohon aren di Selomanik Wonosobo kemarin. 

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah melakukan penanaman secara simbolis pohon Aren Program Konservasi Lahan Kritis Wilayah Kecamatan Kaliwiro dan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. 

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kaliwiro Setyobudi mengatakan, penamanan 2.000 Aren ini merupakan dukungan hibah dari Asosiasi Aren Nusantara dan sangat tepat untuk dilaksanakan di daerah Kaliwiro dan Wadaslintang. 

"Daerah pegunungan yang tentunya sangat rawan longsor terutama jika terjadi hujan akan mudah sekali banjir, namun demikian ketika musim kemarau datang akan kehabisan air.  Untuk itu saya sampaikan saya selamatkan kepada Asosiasi Aren Nusantara dan pemerintah untuk menepatkan programnya di wilayah Kaliwiro dan Wadaslintang ", tandas Setyobudi. 

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor 4 Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Ketua PWM Jawa Tengah, Ketua PDM Wonosobo dan jajaran PCM, PCA, PRM, PRA se Kabupaten Wonosobo, Kades Selomanik, Asosiasi Aren Nusantara, Camat Kaliwiro, Lazismu Pusat dan Daerah serta Lembaga Pembinaan Cabang dan Ranting, pimpinan Ortom Muhammadiyah. 

Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir dalam Tabligh Akbarnya menyampaikan bahwa menanam adalah sodakoh, apalagi menanam 2.000 pohon aren, yang sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat.

"Saya sampaikan apresiasi pada Asosiasi Aren Nusantara yang telah melakukan penelitian dan uji coba pengembangan Aren dan saat ini digunakan untuk usaha konservasi lahan kritis", ungkap Tafsir. 

Sebagaimana pesan Nabi Muhammad  " "Jaga hijau bumi". Maka itulah perlunya jaga harmoni alam dengan melakukan penghijauan dan konservasi lahan agar nuansanya menjadi hijau. 

"Bumi sangat berpengaruh pada karakter manusia, gersangnya alam akan membuat gersangnya jiwa, maka itulah perlunya harmoni dengan alam", tutur Tafsir. 

Ketua PDM Wonosobo Bambang WEN mengatakan, Cabang Kaliwiro adalah satu-satunya Cabang Muhammadiyah yang sudah menyelenggarakan Baitul Arkom Seluruh pimpinan dan amal usahanya didukung oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto", terang Bambang. 

Wakil Ketua PCM Kaliwiro Zudi Styawan menambahkan, kegiatan pendukung dalam Tabligh Akbar adalah bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis dari RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, penampilan amal usaha Muhammadiyah dari berbagai sekolah, paduan suara hisbul wathan, tapak suci dan tari kreasi.

"Saat ini PCM Kaliwiro juga melakukan registrasi 500 warga Muhammadiyah untuk mendapatkan Nomor Baku Muhammadiyah dan langsung mendapatkan Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (KTAM)", terang Zudi Styawan. 

Sementara itu Ketua Asosiasi Aren Nusantara Adib Nurhadi menjelaskan, lahan kritis di Kabupaten Wonosobo perlu segera mendapatkan penanganan dengan komitmen untuk mengkampanyekan, mengedukasi, serta memuliakan pohon Aren sebagai pohon yang  digunakan untuk konservasi yang bernilai ekologi sekaligus bernilai ekonomi. 

Acara penanaman pohon Aren secara simbolis dilakukan oleh Ketua PWM Jawa Tengah, Ketua PDM Wonosobo, Camat Kaliwiro dan Kokam dan Lazismu. Sedangkan pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KTAM dilakukan sampai semua warga Muhammadiyah terlayani. (Willis Sanjaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar