res

Dandim Bersama Kapolres Gelar Apel Pengamanan Jelang Pemilu Kabupaten Dompu Ta 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

05 Februari 2024

Dandim Bersama Kapolres Gelar Apel Pengamanan Jelang Pemilu Kabupaten Dompu Ta 2024

NTB - Dompu, Apel gelar pasukan pengamanan dalam rangka jelang (Pemilu) dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif di Wilayah Kabupaten Dompu.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres bersama Dandim 1614/Dompu, Senin (05/02/2024) Pukul 07 30 Wita.


Hadir dalam kegiatan tersebut seperti, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.IK, Ketua DPRD Kabupaten Dompu H Andi Bahtiar A.Md.Par dan sejumlah unsur pimpinan serta pejabat Muspida Kabupaten Dompu.


Adapun Peserta upacara sendiri terdiri dari, 1 SST Personil Kodim 1614/Dompu, 1 SST Personil Brimob Dompu, 1 SST Personil Polres Dompu dan 1 SST Anggota Pol PP Kabupaten Dompu.


Rangkaian kegiatan Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan TPS dalam Pemilu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif di Wilayah Kabupaten Dompu dimulai pada pukul 07.30 Wita yang di awali dengan Penyematan tanda pita operasi terhadap peserta yang mewakili di tiap-tiap Satuan.


Adapun Amanat yang disampaikan oleh pimpinan apel setelah pengecekan pasukan.


Apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir atas kesiapan personil maupun logistik tahap pemungutan suara dan pemilu 2024, di harapkan terselenggara dengan aman dan lancar. 

Pada pelaksanaan Pengamanan dalam kegiatan dari awal pemungutan suara hingga rekapitulasi suara merupakan rangkaian satu paket kegiatan penting, Kita selaku pihak keamanan dalam mengamankan pesta demokrasi perlu membekali setiap anggota agar mampu mengamankan secara demokratis. 


Selaku petugas keamanan dilapangan kita di tuntut untuk memahami wewenang dan kewajiban yang di atur dalam undang-undang dan tentunya memiliki peranan penting dalam pengamanan pemilu 2024 mendatang.


Dalam pengamanan AQ oleh petugas yang di tunjuk oleh KPPS dengan penempatan posisi petugas pengamanan berada di luar area TPS, dalam pengamanannya selaku petugas kita di ikat oleh kode etik profesi sehingga mampu menjaga harkat dan marwah dengan menunjukan profesionalitas. Petugas pengamanan bertanggung jawab mengamankan selama berlangsungnya perhitungan suara berjalan adil jujur dan transparan, sehingga kita di tuntut mencegah kerawanan yang terjadi di sekitar TPS, agar tidak terjadi gangguan nyata dan berjalan dengan aman lancar dan sukses.


Perlu di ketahui bersama bahwa tugas kita selaku pihak keamanan dalam pelaksanaan pesta Demokrasi ini yaitu.


Membatu KPPS dalam proses pemungutan suara dan rekapitulasi suara. 

Melakukan tindakan dalam mencegah ambang gangguan kamtibmas. 

Melakukan sinergi dan kerja sama dengan unsur penyelenggara pemilu. 

Membantu pengawalan kotak suara hasil perhitungan dari TPS ke tempat tujuan yang di tetapkan.


Pukul 08.30 Wita kegiatan apel gelar pasukan selesai di tutup dengan Pembacaan Doa.


Dandim 1614/Dompu menambahkan,

"Tujuan apel gelar pasukan pengamanan ini dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif di Wilayah Kabupaten Dompu untuk menjaga Kamtibmas di setiap TPS di Wilayah Kabupaten Dompu agar berjalan dengan aman lancar dan sukses sesuai yang kita harapkan bersama". Terang Dandim sebagai penutup.


TNI-POLRI Siap Mengawal Demokrasi Menuju Damai

(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar