res

Kades dan Babinsa Desa Kwangko Sertu Budiman , hadir sosialisasi dampak penggunaan kompresor - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa Desa Dorokobo, dan Kades Mansyur himbau jaga keamanan lingkungan

29 Februari 2024

Kades dan Babinsa Desa Kwangko Sertu Budiman , hadir sosialisasi dampak penggunaan kompresor



Dompu - Cakrawalaonline, Pemerintah Desa Kwangko dan Babinsa  sertu Budiman turut hadir MenSosialisasikan  Dampak Penggunaan Kompresor Bagi Kesehatan merujuk  Pergub No 55 tahun 2023.

     Menjaga kelestarian lingkungan  dalam kehidupan sehari_ hari salah satu wujud keberlangsungan  ekosistem kelautan penting untuk terus dilakukan karena dengan kelestarian  ekosistem laut yang  sangat perlu  menjamin pasokan ikan dengan meningkat karena dari hasil laut, maka dengan menjaga kelestarian ekosistem laut hasil laut   tetap berlimpah  bagi kehidupan  masyarakat pesisir terutama yang profesi sebagai nelayan uang  menangkap ikan. 

     Eksploitasi yang berlebihan dalam memamfaatkan hasil laut membuat beberapa spesies ikan terutama ikan kakap dan kerapu mengalami penurunan jumlah , dalam konteksnya  pada tahap  yang menghawatirkan maka  perlu adanya upaya penyelamatan agar anak cucu kita juga dapat menikmatinya

     Teluk saleh salah satu potensi laut  di wilayah kabupaten dompu yang cukup banyak  menghasilkan  ikan kakap dan kerapu dengan  berkembang biakan yang cukup serius,  ikan hasil tangkap  masyarakat pesisir teluk saleh terutama masyarakat yang hidup dipesisir  selama ini, seperti  Desa soro Kecamatan Kempo, dan pulau bajo Kecamatan Manggelewa.

     Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu bergandengan tangan bersama  Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu mengadakan  sosialisasi terkait  Peraturan Gubernur no 55 tahun 2023 tentang Pengelolaan Perikanan Kakap dan Kerapu Berkelanjutan di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada  rabu, 28 febuari 2024 pukul 10.00 WITA bertempat di dusun pulau bajo, desa kwangko Kecamatan Manggelewa.

     Sosiisasi dilakukan pada 15 orang nelayan penyelam di pulau bajo yang di hadiri oleh PLH dinas kelautan dan perikanan kabupaten dompu Ir.Muhamad Ikhsan, M.Si. Materi sosialisasi berisi penjabaran Pergub no 55 tahun 2023 tentang cara penangkapan, penggunaan alat tangkap dan tata perdagangan ikan kerapu dan kakap dan dampak penggunaan alat bantu kompresor bagi kesehatan nelayan. Kompresor sebagai  sumber oksigen bagi nelayan menyelam mencari ikan dilaut sangat berbahaya karena oksigen yang di hasilkan tidak 100% udah bercampur dengan gas CO2 hasil pembuangan diesel penggerak mesin. Dampak yg timbul dari penggunaan kompresor sebagai alat bantu menyelam sangat berbahaya karena dapat menimbulkan  kelumpuhan, tuli, barotrauma, dekompresi dan hingga meninggal dunia. 

     Sosialisasi disertai dengan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para nelayan di pulau bajo, pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu melalui Puskesmas Soriutu dengan menurunkan 1 orang dokter, 2 orang perawat dan 1 orang apoteker. 

     Dengan adanya sosialisasi Pergub No 55 tahun 2023 dan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada nelayan diharapkan kelestarian ekosistem kelautan tetap terjaga agar anak cucu kita dapat menikmati kekayaan laut  yang kaya sumber daya tersebut paparnya.

   Kegiatan dalam keadaan aman dan lancar(zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar