res

Pasar Soriutu pengelolaan dialihkan ke Desa Soriutu, Kades Minta Bupati Dompu mengamiinin - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

01 Februari 2024

Pasar Soriutu pengelolaan dialihkan ke Desa Soriutu, Kades Minta Bupati Dompu mengamiinin

 


Dompu, Cakrawala merdeka online, ! - Kades Soriutu Kecamatan Manggelewa Imam Suanto, S.Pd berharap pada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu agar pengelolaan pasar Soriutu dialihkan dan dilimpahkan sepenuhnya pada Pemerintah Desa. 


"Sampai hari ini, Pasar masih dikelola Pemerintah Daerah, padahal secara otonomi Desa dan  geografis, lokasinya masuk wilayah Desa Soriutu," Kata Kades Soriutu, Rabu (31/1/24).


Menurutnya, permintaan pengalihan tersebut bukan tidak mendasar. Mengingat Permendagri no 42 tahun 2007 tentang pengelolaan pasar, bahwa setiap pasar yang dibangun melalui sumber dana anggaran Pusat, Kota dan Kabupaten, wajib hukumnya pemerintah terkait memberikan hak pemerintah desa setempat untuk mengelolanya. 




"Kami ingin ajukan permohonan pengelolaan aset daerah (pasar Soriutu)  biar Pemerintah Desa memiliki PAD,"dan diprosentasekan dengan pajak Daerah tambahnya. 


     Bahkan Kades berjanji, jika pasar tersebut dialihkan fungsikan  ke pemerintah  desa, pihaknya akan perbaiki sejumlah infrastruktur dan fasilitas pasar untuk kenyamanan para pedagang maupun pengunjung. 




"Pasar harus selalu bersih demi kenyamanan bersama, sehingga perlu ditata dengan rapi,"dan fasilitas tarpal di ganti dengan seng  paparnya. 




Selain itu, Pemdes Soriutu juga mencanangkan program Jum'at bersih yang saat ini tengah berjalan,  Sehingga Semua perangkat desa berkewajiban untuk turun bersama-sama melaksanakan aksi bersih. 




"Insya Allah dalam waktu dekat ini, kami akan menemui Bupati untuk menyerahkan surat permohonan pengelolaan pasar. Semoga saja beliau mengamininya," harap " Kades. ( Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar