res

Peringati HPN, Grobogan Network Gelar Baksos Di Makam Bupati Sunarto - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bupati Pemalang Serahkan Mobil ''Pusling'' Pada 8 Puskesmas

25 Februari 2024

Peringati HPN, Grobogan Network Gelar Baksos Di Makam Bupati Sunarto



Grobogan-Cakrawalaonline, Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2024, wartawan yang tergabung dalam grup Grobogan Network melakukan ziarah ke makam Bupati Grobogan yang berada di Desa Ngembak Purwodadi Grobogan, pada Sabtu (24/2/24).

Meski diguyur hujan lebat, para wartawan dibantu masyarakat setempat melakukan kerjabakti bersama membersihkan halaman makam, serta pengecatan di rumah makam.

Hal ini dilakukan wartawan Grobogan Network karena kepeduliannya terhadap lingkungan makam 

yang terkesan kurang terawat.

Hadir bersama wartawan, Kepala Desa Ngembak Awang Yudha, Kadus Serta warga setempat.

Usai melakukan pembersihan halaman makam, dilanjutkan pembagian makanan untuk warga yang mengikuti kerjabakti.

Acara diteruskan dengan tahlilan di depan pusara makam Bupati Grobogan Pangeran Aryo R. Sunarto, dan pemotongan tumpeng.

Sebagaimana diketahui Pangeran Aryo Sunarto menjabat Bupati Grobogan dari tahun 1908 hingga 1933. Beliaulah yang mencipta pertama Trilogi Pedesaan, yakni setiap desa harus ada Sekolah Dasar, Bale Desa dan Lumbung Desa.

Awang Wijaya (Metropos) selaku Koordinator Grobogan Network menjelaskan kelompok wartawan yang tergabung dalam GN ini memilih melakukan ziarah ke makam Bupati Sunarto di desa Ngembak, disamping mencintai dan nguri uri kebudayaan dengan ziarah ke makam leluhur, sekaligus melakukan pengecatan agar tampak bersih. "Makam Bupati Sunarto terkesan kurang terawat, padahal jasa beliau terhadap perkembangan Grobogan sangat jelas" ungkaonya, didampingi Ketua Panitia Heru Gunawan dan Sekretaris Suwarno..

Suparmin (57) warga setempat yang menempati rumah pertama kali berdekatan dengan makam Bupati Sunarto menjelaskan , dulu makam tampak terawat dan bersih, namun tahun terakhir tak begitu diperhatikan, terlebih Pemda setempat.

Kepada media Inspirasiline.com,  Kades Ngembak Awang Ayudha Kiswara SH menjelaskan komplek makam Bupati Sunarto yang berdekatan dengan TPA Sampah itu selalu diupayakan agar lingkungan menjadi baik. Hal ini dilakukan mulai dari penataan talud yang melingkupi makam dengan dana Banprov Jateng.  Dilanjutkan dengan akses jalan masuk ke makam dengan dana pribadi Kades.

Terlebih tahun ini dia akan mendapatkan bantuan PJU ( penerangan jalan umum) mulai Gading Kuripan ke selatan hingga makam Bupati Sunarto ini.

Darno dan Suyati warga Ngembak yang ikut kerja bakti memohon kepada wartawan dalan grup GN agar bisa mengusulkan ke Pemkab Grobogan agar ada renovasi makam Bupati Sunarto ini.

" Kami mohon tolong kepada wartawan GN untuk mengusulkan dana renovasi ke Pemda agar lingkungan menjadi bagus" pintanya. Ng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar