res

Sriwijaya Creative Foundation Siap Gelar Festival Teater Pelajar (FTP) Sriwijaya 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

"Nengah dana "orang tua Ipda Kadek Suardana, telah tiada_

23 Februari 2024

Sriwijaya Creative Foundation Siap Gelar Festival Teater Pelajar (FTP) Sriwijaya 2024

 



Lahat - Cakrawalaonline, Pemprov Sumsel Melalui Disbudpar dan Disdik Sumsel Mendukung Penuh sriwijaya Creative Foundation siap menggelar Festival Teater Pelajar (FTP) Sriwijaya 2024, pada tanggal 9 maret 2024. FTP Sriwijaya 2024 merupakan yang pertama kali dilaksanakan ini akan menjadi ajang tahunan dan memperoleh dukugan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Dinas Pendidikan Sumsel.

“Pemprov Sumsel mendukung dan jelas menyarankan Festival Teater Pelajar Sriwijaya ini dapat berjalan setiap tahun. Selaanjutnya untuk panitia dapat menindaklanjuti ke dinas terkait yaitu Disbudpar dan Disdik Sumsel,” kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. H. Koimuddin, SH, MM saat menerima audiensi Sriwijaya Creative Foundation di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (23/2).

 FTP Sriwijaya 2024 merupakan wadah menyalurkan kreativitas dan bakat pelajar dalam ekologi berkesenian. Melalui FTP Sriwijaya 2024 diharapkan pelajar dapat mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki dalam sebuah panggung pertunjukan.

“Para peserta FTP Sriwijaya 2024, diharapkan dapat menginspirasi dan meningkatkan minat para pelajar lainnya untuk turut serta dalam mengembangkan diri mereka dalam dunia teater. Tujuannya semakin banyak generasi muda bangsa yang terdampak secara positif,” saran Koimuddin.

Dalam festival ini, para pelajar diajak untuk mengekspresikan diri secara kreatif melalui karya- karya teater yang mereka tampilkan. Mereka belajar untuk berani tampil di depan publik, mengungkapkan gagasan, dan berperan dalam berbagai karakter. 

“Penyelenggaraan FTP Sriwijaya 2024 ini mengangkat tema "Membangun Ekologi Seni dalam Industri Kreatif". Hal ini didasari dari sebuah fenomena bahwa bermain teater di kalangan pelajar saat ini hanya menjadi sebuah pelampiasan atas gagasan, keinginan untuk dikenal dan rasa kepuasan batin,” kata CEO Sriwijaya Creative Foundation, Bayu Widya Pratama.

Bayu menambahkan, melalui FTP Sriwijaya 2024 akan mengenalkan kepada para pelajar, bagaimana mengemas sebuah pertunjukan teater menjadi produk yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Para peserta merupakan kelompok teater dari SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta yang ada di Sumatera Selatan. Saat ini sudah ada 15 kelompok teater yang mendaftarkan diri.

Para peserta akan memperebutkan gelar, antara lain: pemeran pria terpuji, pemeran wannita terpuji, pemeran pembantu pria terpuji, pemeran pembantu wanita terpuji, penata musik terpuji, penata artistik terpuji, sutradara terpuji, penulis naskah terpuji, dan puncaknya adalah 3 tim penyaji terbaik.

Tim juri terdiri atas praktisi dan seniman teater yang berasal dari dalam dan luar Palembang. Sebut saja yang berasal dari Palembang yaitu Hasan, M. Sn., yang merupakan Ketua Dewan Kesenian Palembang, kemudian ada Dian Ardiansyah yang merupakan Aktor dan Sutradara teater dari Bandung.

Selain lomba teater itu sendiri, pada rangkaian kegiatan FTP Sriwijaya 2024 juga akan dilaksanakan semiloka/mini workshop mengenai dasar-dasar teater dan keaktoran yang akan diisi oleh dewan juri sebagai narasumbernya.

“Semoga kegiatan ini mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat terutama generasi muda untuk terus berkarya serta meningkatkan rasa cinta terhadap budaya daerah. Mencintai budaya adalah wujud rasa bangga dan cinta kita terhadap Sumatera Selatan, karena yang menyatukan bangsa adalah budaya.,” pungkas Bayu.(Akril Achmad.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar