res

DANDIM 1614/Dompu Bersama Anggota, Membubarkan Massa Pemblokir Jalan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

05 Maret 2024

DANDIM 1614/Dompu Bersama Anggota, Membubarkan Massa Pemblokir Jalan



Dompu - Cakrawalaonline, Aksi spontan pemblokiran jalan lintas Sumbawa Bima yang berlokasi di Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang dilakukan oleh sejumlah oknum Masyarakat setempat, Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, Terjun langsung ke lokasi, Selasa (05/03/2024) Pukul 08 30 Wita.


Setelah menerima laporan dari Danramil-01/Dompu Kota Kapten Kav M Kasim, Dandim langsung terjun ke lokasi bersama sejumlah anggota. Adapun tuntutan massa pendemo yakni menuntut penegakan hukum dari pihak aparat, terkait penangkapan terduga pelaku pelemparan terhadap warga Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.


Pihak Polres Dompu melakukan penangkapan terhadap terduga dua orang Warga dari Desa Bara Kecamatan Woja Kabupaten Dompu yang di duga telah melakukan pelemparan terhadap warga Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, akibat dari penangkapan tersebut sebagian masyarakat dari Desa Bara melakukan pemblokiran jalan sepuluh titik dengan menggunakan material Batu, Kayu dan Membakar Ban Bekas, sehingga membuat Jalan Lintas Sumbawa Bima Lumpuh Total sejak dari pukul 01.00 sampai dengan 09.30 Wita, dengan tuntutan meminta kepda Pihak Polres Dompu agar membebaskan kedua orang warga dari Desa Bara tersebut.



Dengan adanya kejadian pemblokiran jalan tersebut Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, dan sejumlah anggotanya bersama Kapolsek Woja Iptu Zaenal Arifin dan anggota mendatangi lokasi.


"Saya minta warga agar tidak memblokir jalan raya yang merupakan akses untuk kepentingan umum masyarakat lainnya karena Setiap permasalahan pasti akan ada solusinya dan permasalahan ini sedang di tangani oleh pihak Polres Dompu", tegas Dandim.


Himbauan dan mediasi dilakukan namun dari sebagian warga desa bara tidak menerima, tetap pada tuntutan agar melepas segera terduga pelemparan tersebut.


Tidak ada cara lain selain membongkar paksa 10 titik pemblokiran jalan, pukul 09.21 wita Dandim 1614/Dompu memerintahkan kepada Anggotanya agar membongkar paksa, saat pelaksanaan pembongkaran pemblokiran jalan tidak ada perlawanan, sehingga arus jalan kembali normal, antrian panjang kendaraan kembali berjalan dengan lancar aman dan kondusif.


Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, Kasdim 1614/Dompu Kapten Inf I Wayan Sulandra SH,MH dan Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan serta Danramil-01/Dompu Kapten Kav M Kasim turut mendampingi Dandim dalam melakukan Pertemuan dengan Kepala Desa Madaprama Bapak Ilham S.Pd dan Perwalian Masyarakat Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. 


"Saya meminta kepada Masyarakat Desa Madaprama agar tidak melakukan Pemblokiran jalan terkait hal ini, berikan waktu kepada pihak Kepolisian untuk mengusut dan mendalami kasus tersebut", Jika masyarakat masih bertahan dengan pendapat ego masing-masing tentu jalan keluarnya tidak kita temukan hasilnya, dan jika kalian ngotot untuk melakukan blokir jalan maka akan terjadi benturan dengan aparat keamanan, "harap Dandim".


Tanggapan masyarakat secara umum diantaranya Sdr Ade Irawan dan Sdr Ahmad SH Yakni "Kami merespon baik dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas kedatangan Pihak TNI lebih khusus nya Bapak Dandim 1614/Dompu untuk turun langsung kepada kami, harapan kami kepada Bapak Dandim agar menyampaikan kepada pihak Kepolisian agar bisa melakukan penegakan hukum yang adil, "harap warga".

(****)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar