res

Aksi Boikot Jalan TPA Sampah di Desa Jambu Kec Pajo Kab Dompu oleh Pok Aliansi Masyarakat Sipil - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

"Nengah dana "orang tua Ipda Kadek Suardana, telah tiada_

06 April 2024

Aksi Boikot Jalan TPA Sampah di Desa Jambu Kec Pajo Kab Dompu oleh Pok Aliansi Masyarakat Sipil

 


Dompu - Cakrawalaonline, Pada hari Jumat tanggal 5 April 2024, pukul 10.00 Wita, di Jalan menuju lokasi TPA Sampah di Dusun Pandai Desa Lune Kec Pajo Kab Dompu berlangsung aksi blokir jalan menggunakan kayu sehingga armada truk pengangkut sampah tidak bisa masuk ke areal TPA. Aksi dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Sipil Kab Dompu sebanyak 10 orang dipimpin oleh Salamet Abadi Sentosa alias Bedhel. Selanjutnya dilaporkan sebagai berikut :


Aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan pada saat aksi di Kantor Pemkab Dompu pada Kamis 4 April 2024, dimana pihak Pemkab Dompu dinilai tidak bertanggung jawab atas 32 orang tenaga bidan pendidik D4 yang telah lulus PPPK Tahun Anggaran 2024 namun dibatalkan kelulusannya oleh Pansel Pusat dengan alasan terkait formasi tenaga kesehatan Bidan D4 Kependidikan yang tidak bisa masuk / tidak sesuai dalam kategori yang disyaratkan dalam selaku tenaga kesehatan PPPK tahun 2023.


 Adapun Tuntutan Masa aksi Sbb:


 Meminta tanggung jawab Panselda (Pemkab Dompu dan BKD) atas dibatalkannya 32 orang bidan kependidikan yang sudah dinyatakan lulus seleksi pada tahun 2023.


Pukul 10.30 Wita Muspika Kec Pajo (Camat Pajo Imran, Kapolsek.Pajo Ipda Gunawan dan Danramil Huu/Pajo Peltu Sucipto ) dan Kaban Kesbangpol Dompu Ardiansyah SE tiba dilokasi dan melakukan himbauan kepada masa aksi agar segera membuka jalan yang diblokir karena dapat mengganggu aktifitas truk pengangkut sampah. 


Tanggapan Korlap (Bedhel), intinya meminta agar Bupati Dompu turun ke lokasi untuk menemui massa aksi. Bupati harus bertanggung jawab atas di batalkannya kelulusan  32 orang bidan pendidik pada rekrutmen PPPK tahun anggaran 2023 oleh Pansel Pusat.


Pukul 14.25 WITA, jalan yang menuju TPA di Desa Lune Kec Pajo Kab Dompu dibuka paksa oleh Apkam dipimpin Lettu Inf Hamzah Pasiter Kodim 1614/Dompu dan  anggota Koramil Hu,u bersama anggota Polsek Pajo (Babinsa - Bhabinkamtibmas) setempat. 


Pada saat pembukaan blokir jalan tidak ada reaksi atau respon dari massa aksi. Pikul 14.35 Wita massa aksi langsung membubarkan diri meninggalkan lokasi.


 Pukul 14.39 Wita , truk armada pengangkut sampah sudah bisa beroperasi masuk ke Lokasi TPS. Terpantau Sitkam relatif aman kondusif  


   Tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pembelokiran jalan kembali apabila tidak diindahkan tuntutan massa aksi.


 - Bedhel, adalah aktifis senior di Kab Dompu yang juga mantan Ketua HMI Dompu. Dalam aksi tersebut Bedhel ikut menjadi kordinator dikarenakan dari 32 orang Bidan tersebut salah satunya adalah istrinya sendiri.  antisipasi yang muncul selama aksi berlangsung. Sebab tidak menutup kemungkinan Bedhel CS akan tetap melakukan aksi hingga mendapat respon dari Bupati Dompu. (Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar