res

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav.Riyan Oktiya Virajati ST.M.M, dan Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK, hadir pelatikan dewan pengurus cabang(DPC)Pepabri,serta pelantikan perip PC perip Kab.Dompu masa Bhakti 2024_2029. - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

"Nengah dana "orang tua Ipda Kadek Suardana, telah tiada_

06 Mei 2024

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav.Riyan Oktiya Virajati ST.M.M, dan Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK, hadir pelatikan dewan pengurus cabang(DPC)Pepabri,serta pelantikan perip PC perip Kab.Dompu masa Bhakti 2024_2029.

 


Dompu- Cakrawalaonline,! Pada Hari Senin  tanggal 06 mei 2024 pukul 09.30 Wita bertempat di Aula Makodim 1614/Dompu Jln. A. Yani Kel. Doro Tangga Kec. Dompu Kab. Dompu Prov. Nusa Tenggara Barat, telah berlangsung kegiatan upacara pelantikan pengurus cabang (DPC) pepabri kab. Dompu dan pelantikan perip pengurus cabang perip kab. Dompu masa bhakti tahun 2024-2029 yang dipimpin oleh purn letkol raden sugondo dan diikuti -+ 80 orang.

Hadir dalam kegiatan sbb.


Ketua DPD pepabri prov.NTB. purn letkol raden sugondo.

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T.M.M.

 Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK. 

Asisten 1 kab. Dompu  H. Burhan S.H.

Ketua PC perip prov. NTB. Ny emilya indayani SP.D

Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf I wayan sulendra S.H. M.H.

Para perwira staf kodim 1614/Dompu.

Kakesbangpol diwakili kabid kewaspanas dan penanganan konflik burhanudin S.E.

 Tim penggerak PKK kab.Dompu

Ketua persit Kartika Chandra Kirana cabang XXVIII Kodim 1614/ Dompu Ny.Astrini Dewi Anindita.

Tamu undangan yang hadir.


Rangkaian kegiatan sbb.


Pukul 09.30 WITA Laporan perwira upacara.

Menyanyikan lagu indonesia raya.

Mengheningkan cipta dilanjutkan pembacaan pancasila.

Pembacaan catur darma pepabri.

Pelantikan/pengukuhan DPC pepabri dan PC perip kab. Dompu.

Sambutan ketua DPC pepabri kab. Dompu.


Dengan kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus-pengurus baru dari DPC Pepabri Kabupaten Dompu dan pengurus  PC perip Kabupaten Dompu semoga apa yang kita laksanakan tadi serangkaian dengan kegiatan pelantikan dan pengukuhan akan menjadi pegangan kita semua bahwa pengurus inilah yang memegang tanggung jawab untuk teman-teman kita sedikit tentang tadi protokol juga sudah menyampaikan bahwa pepabri ini adalah organisasi kemasyarakatan organisasi yang sengaja dibentuk oleh negara untuk melanjutkan bakti kita kepada bangsa dan negara bukan berarti dengan purnanya kita dalam dinas berakhirlah semuanya bakti.


Tadi sudah dikatakan oleh ketua PD NTB bakti kita akan terus berlanjut sampai kita masuk ke liang lahat bangsa dan negara masih menunggu baktimu siapa-siapa yang masuk di dalam organisasi ini.


sebagai anggota biasa adalah purnawirawan TNI dan Polri, janda atau duda yang ditinggal suami atau istrinya terus ada anggota luar biasa anggota luar biasa itu adalah ASN purnawirawan ASN baik dari TNI maupun Polri.


   Anggota kehormatan itu adalah orang-orang yang berjasa untuk pepabri kalau di depan pusat sana ada Hary Tanoe mungkin beliau berjasa mungkin ya dalam kegiatan ke publik sehingga beliau dijadikan anggota luar biasa mungkin di tempat kita ini juga ada yang berminat tokoh-tokoh masyarakat yang berkeinginan untuk berjasa kepada pepabri kami persilahkan kami pengurus baru sebelumnya sudah mendengar bahwa pepabri Kabupaten Dompu ini mengendap ini istilahnya militer jadi tidur di dalam laci kalau dari DPD provinsi mengatakan 25 tahun pepabri terbukti saya pertama kali ketemu dengan komandan kodim menanyakan yang komunikasi dengan kami selama ini hanyalah saya menjawab semoga setelah kami dilantik nanti kami akan eksis untuk berkomunikasi Kami sangat mengharapkan dari pepabri ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan baik itu dari Pemda TNI maupun Polri.


Mungkin kami diberikan wadah untuk silaturahmi kami sangat haus bertemu dengan teman-teman kita baik yang masih dinas maupun sesama yang sudah mohon izin untuk Bupati bapak adalah pembina umum kami sedangkan Dandim dan Kapolres adalah pembina teknis kami mohon Kami dibimbing semoga kami bisa beradaptasi dengan masyarakat sekitar anggota kami cukup banyak kami sudah mendata awal dari angkatan darat lebih dari 100 sekitar 145 orang dari Polri malah sekitar 160-an orang jadi kalau dikumpulkan ini dari dua instansi sudah lebih dari 300 Orang belum lagi kami juga bisa dilihat di belakang itu adalah purnawirawan harimau tua katanya Pak Prabowo yang haus berbakti kepada bangsa dan negara.


Sambutan PC perip NTB Ny emilya indayani SP.D.


Kabupaten Dompu sudah dilantik dan dikukuhkan Sehingga nantinya dapat bekerja sama dengan tim penggerak PKK untuk membantu program pemerintah yang kita cintai di Kabupaten Dompu tentunya program stunting sampai saat ini masih tetap kita bina untuk menurunkan angka stunting di NTB.


 Maka pada kesempatan ini Kabupaten Dompu agar dapat bekerja sama untuk membantu program pemerintah untuk menurunkan stunting yang pada saat ini memang kita sama-sama bagaimana caranya menurunkan stunting di NTB ini dan dapat berkecimpung di gow baik pada posyandu keluarga pada umumnya.


   Sambutan Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T.M.M.


 pertama-tama izinkan saya mengucapkan selamat atas pelantikan Pak sarudin sebagai ketua pepabri yang baru Kabupaten Dompu juga saya ucapkan selamat kepada Ibu Emilia yang selaku ketua perib ini merupakan suatu kehormatan dan jadikan kebanggaan sebagai dasar dalam menjalankan tugas Saya yakin dan percaya bahwa bapak-bapak yang tadi dilantik beserta pengurus baik ibu-ibu juga memahami bahwa ketika masih aktif sebagai TNI dan Polri selalu menempatkan kebanggaan sebagai dasar dalam menjalankan tugas sedikit tadi sudah disinggung bahwa Pepabri ini sebagai wadah dengan bekerja berdasarkan pengabdian.


Saya berpesan kepada bapak Ibu sekalian pegang teguh Sapta marga dan tribrata sebagai dasar dalam menjalankan tugas sampai dengan akhir hayat memanggil tadi sudah disampaikan juga oleh Pak sarudin saya sepakat bahwa jiwa dan nilai-nilai Sapta marga dan tribrata itu tidak boleh hilang karena itulah yang membedakan kita sebagai pemersatu bangsa dengan masyarakat umum lainnya jadi bagi kami bahwa bapak-bapak ini sebagai contoh termasuk saya pribadi berikan suritauladan sehingga kami bisa meniru dan mengikuti apa yang sudah bapak dan ibu lakukan termasuk bagi istri saya selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang XXVIII Kodim 16-14 Dompu.


Di dalam pelaksanaannya saya juga berpesan bahwa Pepabri sebagai pemersatu juga perpanjangan tangan pemerintah di masyarakat karena sekarang sudah menjadi organisasi masyarakat untuk tetap memelihara kontak dengan kami yang masih aktif termasuk Pak Kapolres sehingga kebijakan pimpinan TNI dan pimpinan Polri harus bapak terima informasi itu sehingga bapak dan Ibu tetap menjadi kesatria bangsa untuk menjaga NKRI ini karena negara kita saat ini sedang banyak menghadapi permasalahan yang diakibatkan karena perkembangan geostrategis dan geopolitik termasuk yang paling aktual adalah sudah 53 negara di dunia yang mengalami krisis pangan oleh sebab itu saat ini TNI dan Polri bergabung menjadi satu untuk menjaga dan memastikan kedaulatan pangan ini terpaksa kami TNI Polri harus terjun langsung.


Untuk diketahui juga karena memang beberapa negara sudah mulai menstop pengimporan bahan bakunya kepada negara kita beras terutama Untung saja negara Vietnam dan Thailand sebagai salah satu importir beras terbesar masih membuka kerannya untuk kita bisa kita bayangkan dengan kondisi petani kita yang saat ini masih bangga dalam "dengan meminjam renteiner akhirnya tidak sejahtera hanya untuk membayar hutang dengan tinggi lalu masyarakat tidak bisa mendapatkan keuntungan itu menjadi salah satu bahaya terhadap kedaulatan bangsa kita ketika perut kita sudah kosong dan tidak bisa terisi negara-negara yang kuat dengan mudah akan mengambil alih kita mengendalikan kita.


Kita buka kembali sejarah sebelumnya itu bagaimana ketika presiden RI Soekarno meminta beras bantuan kepada Amerika jangan sampai ini terjadi saat ini leading sektornya memang adalah Dinas Pertanian maupun kementerian Pertanian tetapi dikawal oleh TNI dan Polri Saya berpesan dalam kesempatan ini juga Pak asisten tolong sampaikan kepada teman-teman di pemda jangan lepas tangan bawa ini menjaga nama Kabupaten Dompu sehingga dinas pertanian dan perkebunan memiliki tugas tanggung jawab yang berat yang besar.


Amanat ketua DPD pepabri NTB.


Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih ke panitia atas terselenggaranya Muscab pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC Pepabri Kabupaten Dompu yang merupakan agenda lima tahun sebagai bagian  dari Perip upaya meningkatkan kinerja dan penyegaran organisasi di daerah untuk periode 5 tahun mendatang. Pada kesempatan ini pula saya sampaikan perhargaan dan terima kasih kepada segenap pengurus DPC Pepabri Kabupaten yang telah melaksanakan Musda yg telah berjalan dengan baik dan sukses, oleh karena itu setelah saya kukuhkan DPC terpilih hasil Muscab saya akan tutup Musda ketua DPC terpilih Kabupaten Dompu. Bersama ini pula kami memperkenalkan rombongan DPD Pepabri NTB yang kami bawa sbb


-Letkol Inf (Purn) Raden Sugondo Ketua DPD Pepabri Kapten Czi (Purn) Sarlan sebagai Sekretaris DPD Pepabari

- Ny. Hj. Soewartik Margono Bendahara

-Ny. Yayuk Sri Mahayuningsih Ketua Bidang Wanita DPD Pepabri

-Ny. Wiliem Salean Ketua PD Perip NTB

-Ny. Maria Sarikem Sekretaris PD Perip NTB


Saya mengapresiasi atas pelaksanaan Muscab DPC Pepabri kabupaten Dompu Yang dapat berjalan lancar karena kerja keras ketua DPC Pepabri kabupaten Dompu masa bhakti 2019-2024, Bpk Serma (Purn) Muchtar yang sudah mengabdi beberapa tahun, sehingga Pepabri di daerah semakin kuat dan solid.Dompu telah berhasil Musda DPC Pepabri Kabupaten Dompu memilih ketua DPC Pepabri Kabupaten Dompu yaitu Letkol Inf (Purn) Syaharuddin, SE untuk menjadi ketua DPC Pepabri masa bakti 5 tahun mendatang, tahun 2024 2029. Untuk itu, saya mengucapkan selamat bagi pengurus baru, dan segera adakan konsolidasi organisasi agar tugas pengabdian ini berjalan dengan lebih baik lagi, Hal hal yang telah dilaksanakan di masa bakti sebelumnya agar dilanjutkan dengan merumuskan inovasi baru untuk keberhasilan pelaksanaan tugas.


Dalam menjalankan hal tersebut diatas, tentunya pepabri tidak dapat berjalan sendiri. Diharapkan para tokoh agama. Tokoh masyarakat dan elemen bangsa lainnya bersama sama turut mengedukasi masyarakat agar dewasa dalam berdemokrasi dan berpolitik.

Perbedaan dalam pilihan hal biasa dan tentunya bersifat sementara dan berakhir ketika pemilihan selesai, Hormati apa yang menjadi keputusan bersama dan bernegara dalam mencapai tujuan bangsa untuk menghadapi peristiwa politik semacam ini, sekali lagi saya memberikan arahan kepada saudara-saudara bahwa lembaga/organisasi Pepabri bersikap Netral dalam pemilu yang sudah dilaksanakan yang lalu.


Namun demikian anggota Pepabri sebagai individu/perorangan memiliki hak dan kewajiban sebagaimana warga negera lainnya. Setiap anggota pepabri bebas dalam menentukan pilihan politiknya dengan rambu-rambu demi utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD '45.Berpolitik yang sehat adalah menghormati perbedaan adanya sikap toleransi dan menghormati siapapun yang

dipilih oleh rakyat. Seorang pejuang yang berpolitik harus bersikap bahwa tujuan politik tidak sekadar mencari kekuasaan tetapi lebih utama adalah sikap yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa demi tercapainya tujuan nasional sebagaimana tercantum pada alimea ke-4 pembukaan UUD '45.


Organisasi pepabri tidak terlepas sama sekali dengan peranan organisasi almamater kita yaitu TNI dan POLRI dalam perjalanan peran almamater sangat kita dirasakan bantuannya, sehingga Pepabri semakin solid dan mantap seperti kita selama ini. Karena itu kepada saudara - saudara pengurus mupun anggota Pepabri di daerah hendakn nya tetap memelihara komunikasi yang baik dengan organisasi Almamater dan Pemerintah Daerah setempat. Jalinan komunikasi yang baik akan berhasil bila dilakukan kekeluargaan. secara persaudaraan dan Pada kesempatan ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan organisasi almamater setempat yaitu dan Kapolres atas bantuannya kepada DPC Pepbari Kabupaten Dompu. Demikian juga kepada Pemda Kabupaten Dompu dan segenap jajarannya, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat saya sampaikan ucapan terima kasih atas segala bantuannya Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada segenap organisasi keluarga purnawirawan DPC PPAD, PP POLRI dan keluarga besar Pepabri kabupaten Dompu lainnya seperti LVRI, KB FKPPI, GM FKPPI yang telah bekerjasama dengan baik DPC Pepabri Kabupaten Dompu.


Demikian juga kepada segenap pengurus DPC terpilih dalam Muscab ini saya ucapkan selamat bekerja dan terimakasih atas kesediaannya untuk meneruskan pengabdian 5 tahun mendatang. Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan terima kasih kepada Serma (Purn) Muchtar yang telah mengurus. mengabdikan dengan baik sebagai ketua DPC Pepabri mem Kab. Dompu masa bhakti 2019 2024. Diharapkan Serma (Purn) Muchtar walaupun sudah tidak lagi menjadi pengurus DPC Pepabri tetap memberikan dukungan dan saran terhadap perkembangan DPC Pepabri kabupaten Dompu.


Menyanyikan mars pepabri

Menyanyikan lagu bagimu negeri

Pembacaan Do'a oleh serka purn syamsudin.

Laporan perwira upacara.

Pemberian ucapan selamat kepada pengurus yang baru.

Pukul 11.40 WITA Kegiatan selesai dalam keadaan aman dan lancar.

   Kegiatan pelantikan pengurus cabang (DPC) pepabri kab. Dompu dan pelantikan perip pengurus cabang perip kab. Dompu masa bhakti tahun 2024-2029 merupakan agenda lima tahun sebagai bagian  dari upaya meningkatkan kinerja dan penyegaran organisasi di daerah untuk periode 5 tahun mendatang.


   Diharapkan para tokoh agama. Tokoh masyarakat dan elemen bangsa lainnya bersama sama turut mengedukasi masyarakat agar dewasa dalam berdemokrasi dan berpolitik,Namun demikian anggota Pepabri sebagai individu/perorangan memiliki hak dan kewajiban sebagaimana warga negera lainnya. Setiap anggota pepabri bebas dalam menentukan pilihan politiknya dengan rambu-rambu demi utuhnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar