res

Dandim 1614/Dompu Terlibat Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan RI 1 di Sumbawa - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

"Nengah dana "orang tua Ipda Kadek Suardana, telah tiada_

01 Mei 2024

Dandim 1614/Dompu Terlibat Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan RI 1 di Sumbawa



*NTB-Dompu,* Guna kesuksesan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas PAM VVIP RI 1 besok, Bertempat di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa telah dilaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI, H. Joko Widodo di wilayah Kabupaten Sumbawa, Rabu (01/05/2024) Pukul 07.30 Wita.


Apel dipimpin Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E., M.Han, dan dihadiri oleh sekitar 710 peserta.


Apel tersebut dihadiri pula 

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviyanti, Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prasetyo, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Dandenpom NTB Letkol Cpm Ahmad Suraidi, Kapolres Sumbawa Akbp Heru Muslimin, S.IK., M.IP, Dantim Paspampres Mayor Inf Agung Harefki, Kajari Kab. Sumbawa Hendi Arifin, S.H, Kepala Bandara Kabupaten Sumbawa Tri Pono Basuki Wijayanto, S.ST, dan sejumlah pejabat lainya.


Dalam apel tersebut di Pimpin langsung oleh Dandim 1607/Sumbawa Letkol Czi Eko Cahyo Setiawan, S.E., M.Han, Perwira Apel : Pasi Pers Kodim 1607/ Sumbawa Lettu Arm Iwan Arsyadiharjo, Komandan Apel : Pasilog Kodim 1607/Sumbawa Kapten Cba Ruslan, Pembacaan Doa : Koptu Heri Kusuma, dan Pembawa Acara ASN Rabaiyah.


Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Apel membacakan  Amanat Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, yakni.


Mengawali sambutan, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan perkenan-Nya pada hari ini kita masih diberikan kesehatan untuk melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden, RI 1 beserta rombongan di Provinsi NTB Kabupaten Sumbawa.


Kunjungan Kerja Presiden RI 1 beserta rombongan ke Kabupaten Sumbawa dilaksanakan dalam rangka "Panen Raya Jagung dan Pemberian Bantuan Kepada Para Pedagang dan Masyarakat Setempat".


Perlu dipahami bersama bahwa "Bapak Presiden merupakan Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan yang mutlak mendapatkan perlindungan, pengawalan serta pengamanan yang bersifat khusus agar terhindar dari ancaman maupun gangguan yang membahayakan keselamatannya".


Perlu kita ketahui bersama bahwa pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya adalah bagian dari tugas pokok TNI, hal ini sesuai dengan amanah Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 khususnya pasal 7. Oleh sebab itu, mari kita tunaikan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan penuh kebanggaan.


Apel gelar pasukan kali ini merupakan langkah-langkah untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP. Baik secara organisasi, personel, materil, alat dan perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya yang akan digunakan dalam melaksanakan tugas di lapangan.


Pengamanan VVIP ini harus kita rencanakan dan siapkan dengan baik, mulai dari kesiapan Satuan Tugas sampai dengan kesiapan masing-masing Sub Satgas dalam organisasi Satgas Pam VVIP. Meskipun kita seringkali melaksanakan tugas Pam VVIP, namun setiap kegiatan memiliki potensi kerawanan yang berbeda-beda, sehingga tidak ada istilah rutinitas. 


Jadikan tugas mulia ini sebagai operasi baru demi memotivasi seluruh anggota untuk melaksanakan tugas dengan baik dan zero mistake atau tanpa kesalahan.


Masing-masing Komandan Sub Satgas yang sudah ditunjuk agar dapat mengorganisir kekuatannya dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan mampu mengendalikan anggotanya selama pelaksanaan tugas Pam VVIP.


Dalam upaya mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi, perlu dirumuskan Cara Bertindak (CB) yang relevan dan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga setiap permasalahan dapat diatasi secara cepat, tepat dan tuntas.


Saya tegaskan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Satgas Pam VVIP agar memahami sasaran Pengamanan VVIP yaitu Presiden RI beserta rombongan dan tempat pelaksanaan kegiatan. Yakinkan semua kegiatan berjalan dengan aman, baik sebelum, selama maupun sesudah pelaksanaan.


Laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, ciptakan suasana aman dan nyaman serta jaga sinergitas TNI-Polri, Pemda maupun masyarakat. 

Kemudian yang terpenting, utamakan faktor keamanan personel dan materiil dalam setiap kegiatan.


Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita sehingga Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan di Provinsi NTB dapat berjalan tertib, aman dan lancar.



*(Pendim1614)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar